Bagian pada Departemen Housekeeping di Hotel

Housekeeping adalah salah satu departemen pada hotel yang bertanggung jawab terhadap hal yang berkaitan dengan keindahan, kebersihan, kerapihan, kelengkapan, kesehatan kamar dan seluruh area dalam hotel agar seluruh tamu maupun karyawan dapat merasa nyaman ketika berada dalam area hotel. Housekeeping ini menjadi salah satu departemen yang sangat menentukan apakah sebuah hotel layak di sebut Best Hotel in Indonesia atau tidak.

Untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, departemen housekeeping memiliki beberapa bagian dengan tugas dan tanggungjawab yang berbeda, yaitu:
  • Order Taker
Bagian ini mengurus segala hal tambahan yang dibutuhkan oleh tamu, dan bertanggung jawab untuk menyampaikan permintaan tamu tersebutpada bagian yang terkait. Selain itu bertanggung jawab terhadap administrasi dan kegiatan operasional housekeeping, serta menerima, mencatat dan memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan tamu.
  • Room Section
Bagian ini bertanggung jawab langsung terhadap kebersihan, kerapihan, keindahan serta kelengkapan pada setiap kamar tamu.
  • Laundry
Bagian ini bertanggung jawab terhadap seluruh cucian yang dikirimkan ke bagian ini. Cucian yang dimaksud adalah segala cucian hotel (sprei, taplak meja, dan segala hal lainnya) ataupun cucian milik tamu hotel.
  • Linen
Bagian ini bertanggungjawab terhadap pengadaan dan sirkulasi linen dalam hotel, meliputi keperluan restoran, kamar tamu, outlet lainnya dan termasuk juga seragam karyawan.
  • Public Area
Bagian ini bertanggungjawab menjaga kebersihan seluruh area umum hotel, seperti kolam renan, taman, dan semua area umum lainnya.
  • Florist
Bertanggungjawab terhadap pengadaan, kesesuaian dan keindahan rangkaian bunga yang terdapat dalam hotel untuk memperindah dekorasi. Bunga yang digunakan harus selalu diganti agar selalu terlihat segar.
  • Health & Recreational
Bertanggungjawab atas fasilitas umum yang dimiliki hotel, seperti spa, fitness, golf dan fasilitas umum lainnya.

Tidak mungkin kita menilai suatu hotel adalah hotel terbaik jika kondisinya kotor atau banyak fasilitas dalam hotel tersebut yang tidak dapat bekerja dengan sempurna. Karena itulah penting bagi manajemen hotel dan juga tamu untuk memperhatikan dan menghargai keberadaan departemen ini. (Yv)

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.