Ini Dia Hal-hal Tentang Thermal Mass Flow Meter yang Perlu Diketahui!

Flow meter merupakan alat yang umum digunakan dalam berbagai bidang, misalnya saja penggunaan flow meter dalam bidang kesehatan dan yang paling sering adalah untuk keperluan industri. Thermal mass flow meter adalah salah satu jenis produk flow meter Indonesia. Instrumen ini digunakan secara luas dalam berbagai lini industri untuk pengukuran laju aliran fluida yang mengalir dalam saluran tertutup. Dilansir dari situs Flowmeters, sistematika perhitungan laju aliran fluida dalam saluran oleh alat ini bergantung pada sifat termal fluida. Maksudnya adalah flow meter jenis ini mengukur laju aliran dari panas dan suhu yang terbaca oleh sensor pada lapisan batas fluida.

Pada dasarnya, aliran material memiliki panas. Namun, panas ini akan berkurang seiring dengan aliran yang melaju dalam sebuah saluran. Semakin tinggi kecepatan aliran material, maka panas yang dibawa akan kian menguap. Jumlah panas yang hilang inilah nantinya akan terbaca oleh pengukuran suhu pada sensor, kemudian dijadikan angka laju aliran fluida yang sedang diukur.

Jenis flow meter ini paling banyak digunakan untuk mengalkulasi laju aliran gas bersih, seperti udara, nitrogen, hidrogen, helium, amonia, argon, serta gas industri lainnya. Oleh karenanya, industri-industri yang kerap menggunakannya adalah industri minyak dan gas, kimia, air dan limbah, logam dan pertambangan, makanan dan minuman, bubur kertas dan kertas, juga farmasi dan tekstil. Thermal mass flow meter baik untuk industri-industri ini sebab memiliki biaya yang tak terlalu mahal (menengah saja) dan cocok untuk gas bertekanan rendah.

Keunggulan lain dari thermal mass flow meter adalah sebagai berikut:
Multivariabel, berarti laju serta suhu aliran dapat diukur dan ditampilkan langsung
Tidak memerlukan kompensasi tekanan atau suhu
Turndown tinggi (100:1)
Sensitivitas low-end yang luar biasa
Reaksi yang cepat terhadap fluktuasi aliran
Tidak menghalangi aliran material
Tidak membutuhkan koreksi suhu atau tekanan
Dapat mempertahankan akurasi perhitungan untuk berbagai laju aliran material

Demikianlah uraian tentang thermal mass flow meter beserta cara kerja, penggunaan dalam industri, serta keunggulan-keunggulan yang dimilikinya. Walau begitu, perlu dicatat bahwa pada beberapa situasi, sifat termal fluida dapat bergantung pada komposisi material itu sendiri, yang mana nantinya dapat memengaruhi hasil akurasi perhitungan. Oleh karena itu, penting bagi pengguna flow meter ini untuk mengetahui komposisi fluida agar proses perhitungan laju aliran dapat akurat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.