Perawatan Mobil pada Musim Hujan

Perawatan Kendaraan pada musim hujan sangatlah penting bagi anda yang memiliki mobil. seperti yang kita ketahui hujan dapat menyebabkan mobil sering kotor dan belum lagi masalah mesin karena air yang masuk. Belum lagi bila sampai banjir datang, banyak kendaraan yang mogok karena mesinnya terendam banjir sehingga pasti mengeluarkan biaya untuk perbaikan.

Perawatan Mobil pada Musim Hujan
Untuk mengantisipasi berbagai permasalahan yang dapat datang akibat musim hujan, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk perawatan mobil pada musin hujan.
  • Air Hujan mengandung garam dan kotoran debu, sebaiknya cuci kendaraan anda dengan sampo khusus setelah terkena hujan. Jangan langsung mengelap mobil, sebaiknya siram dahulu dengan air bersih agar kotoran-kotoran dapat hilang terlebih dahulu dan tidak menyebabkan baret pada cat kendaraan anda. Apabila anda terlalu sibuk untuk mencuci mobil anda, anda dapat cukup menyemprot/menyiram dengan air bersih sehingga kandungan asam dan kotoran pada air hujan dapat hilang.
  • Gunakanlah sampo khusus mobil yang memiliki pH balanced (6-7) sehingga shampo tidak akan merusak cat mobil anda.
  • Wiper adalah salah satu bagian penting yang harus dirawat. pada saat hujan kaca mobil akan bias karena air ujan dan kotoran. Oleh karena fungsi wiper harus optimal untuk memperjelas pandangan anda. Anda dapat menambahkan cairan khusus wiper agar bekerja lebih optimal.
  • Ban mobil sebaik diperhatikan, karena ban yang botak akan sangat berbahaya dimusim hujan.
  • Rem cakram sering sekali masuk kotoran dari air hujan sehingga mudah berkarat dan kotor. Perhatikan bagian rem cakram agar rem dapat bekerja dengan maksimal
  • Periksa komponen kabel-kabel dan saluran bahan bakar. Cek apakah ada kerusakan atau kebocoran yang dapat membuat air hujan tercampur ke dalam tangki bahan bakar. Tangki bahan bakar, sealed atau packing saluran tangki bahan bakar, pompa bensin, dan saringan bahan bakar, adalah beberapa bagian yang mesti Anda periksa.
  • Periksa dan rawat komponen pengapian seperti busi, kabel busi, tutup busi dan koil agar air tidak masuk.
  • Usahakan anda memarkir mobil pada daerah yang tidak terkena hujan atau garasi.
  • Pada saat terjadi banjir jangan memaksakan untuk melintas apabila posisi mesin mobil anda rendah.
  • Periksa komponen karet dan kaca, pastikan tidak ada air yang masuk kedalam pada saat hujan.
Itulah beberapa tips perawatan mobil yang dapat anda lakukan pada saat musim hujan datang. Dengan perawatan yang tepat akan membuat mobil anda awet dan tetap nyaman digunakan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.