Manfaat Mandi Air Hangat

Mandi atau Berendam air hangat disaat badan sedang terasa capek atau pegal – pegal memang sangat membantu untuk mengembalikan kekondisi fresh. Namun terkadang kita mendapati kesulitan untuk mendapatkan air panas, karena harus memasaknya terlebih dahulu. Namun itu tidak akan terjadi bila menggunakan pemanas air atau Water Heater dirumah. Air panas selalu tersedia kapan saja dan tinggal digunakan.

Ada banyak manfaat yang didapatkan dari berendam air hangat, berikut ini diantaranya.
  • Manfaat mandi air panas yang paling banyak diketahui adalah untuk melemaskan kembali otot – otot yang tegang karena stres pekerjaan atau lainnya. Dengan berendam air hangat akan melancarkan peredaran darah, melemaskan otot – otot yang tegang, dan tentu saja menghilangkan stres.
  • Mengurangi sakit kepala atau migren. Dengan berendam air hangat akan melancarkan peredaran darah yang menuju kekepala sehingga sakit kepala atau migren akan dikurangi
  • Berendam air hangat dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Suhu air berkisar 32 – 35 celcius dapat membuka pori – pori kulit dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  • Berendam air hangat dapat menurunkan gula darah. Studi terbitan New England Journal of Medicine menunjukkan, bagi penderita diabetes yang berendam selama setengah jam dalam air hangat dapat menurunkan gula darahnya hingga 13%.
  • Penelitian yang dilakukan di Jepang menunjukan berendam dengan air panas dapat memperbaiki kesehatan jantung.
  • Membuat mandi lebih bersih. Dengan menggunakan air hangat akan dengan mudah mengangkat kotoran dan  minyak, sehingga kulit akan lebih bersih dan segar.
  • Mengurangi insomnia. Dengan berendam dalam air hangat akan membuat tubuh menjadi releks sehingga tubuh menjadi nyaman dan akan mendapatkan tidur yang nyenyak.
Masih banyak manfaat berendam dengan air panas lainnya untuk kesehatan. Namun ada hal yang perlu diperhatikan dalam berendam air hangat. Jangan dilakukan terlalu sering karena dapat menyebabkan beberapa masalah seperti, pori – pori yang semakin besar, dapat menurunkan kualitas sperma pada pria serta gangguan pada janin.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.