Tipe kartu Kredit

Siapa yang tidak tahu Kartu Kredit ? Kartu ajaib ini dapat memanjakan para pemiliknya dalam berbelanja. Namun harus sangat diperhatikan dalam penggunaannya, apabila bablas maka tagihan besar akan segera menghampiri. Pemilihan jenis kartu kredit juga harus diperhatikan, jangan asal dalam memilih kartu kredit, sesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya kemampuan dalam membayar tagihan.

tipe kartu kredit
Pada dasarnya ada dua jenis kartu kredit yang berlaku didunia yaitu Visa dan Mastercard ( penyelengara kartu kredit ). Namun perlu diketahui juga dari setiap jenis kartu kredit terdapat tingkatan yang berbeda. Berikut ini beberapa Tipe kartu kredit yang ada.

Kartu kredit Visa

  • Visa Classic : Kartu kredit ini adalah tingkatan dasar dari jenis kartu kredit ini. Dengan batas limit maksimal Rp. 5 juta per bulan, kartu ini cocok untuk para karyawan / pegawai yang baru memiliki gaji / pendapatan diatas UMR sampai Rp. 50juta per tahun.
  • Visa Gold : Untuk mendapat kartu jenis ini minimal gaji yang dimiliki Rp. 5-25 juta per bulan. Kartu kredit dengan kelas lebih tinggi ini memiliki limit antara Rp. 50-100 juta ( disesuaikan dengan gaji ). Ada fitur yang menarik dari jenis kartu ini, seperti diskon yang didapatkan dari beberapa merchant yang bekerja sama dengan pihak kartu kredit.
  • Visa Platinum : Pendapatan / gaji minimal Rp. 25 juta per bulan untuk mendapatkan kartu kredit jenis ini. Dengan limit pengambilan mulai dari Rp. 75 juta hingga unlimited. Fasilitas yang didapatkan dari kartu ini adalah adanya airport lounge.
  • Visa Signature : Kartu kredit ini tergolong yang eksklusif, biasanya digunakan oleh para pengusaha dan profesional kelas atas. Limit dari kartu ini Rp. 100 juta hingga unlimited. Adapun fasilitas yang didapatkan seperti airport lounge, travel assist, golf membership.
  • Visa Infinite : Kartu kredit ini tertinggi dijenisnya, dimana kartu kredit ini tidak ditawarkan secara umum. Yang dapat memiliki kartu kredit Visa Infinite adalah orang yang memiliki aset tunai sebesar minimal 10 ribu USD atau Rp 1 milyar dimana mereka menjadi nasabah premium disuatu bank penerbit kartu kredit.

Kartu kredit Mastercard

  • Mastercard Classic : Mastercard classic sama seperti visa classic, untuk mendapatkannya minimal gaji yang dimiliki minimal diatas UMR hingga rp. 50jt per tahun. Untuk limit pemakaiannya maksimal Rp. 5 juta.
  • Mastercard Gold : Limit dari jenis kartu kredit ini hingga Rp. 100 juta, untuk mendapatkan kartu kredit ini minimal gaji berkisar rp.5-25 juta per bulan.
  • Mastercard Platinum : Sama seperti Visa Platinum, jenis kartu kredit ini minimal gaji yang dimiliki Rp. 25 jt per bulan. fasilitas airport lounge biasanya banyak dimiliki jenis kartu ini.
  • Mastercard World : Ini adalah kartu kredit tertinggi di jenisnya, hampir sama dengan Visa Infonite.
Pada dasarnya kartu kredit diciptakan untuk memudahkan dalam melakukan transaksi pembayaran, dengan penggunaan kartu kredit secara bijak dapat mencegah terjadinya pembengkakan tagihan kartu kredit.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.