Mengenal Saringan Oli (Oil Filter)

Oil filter merupakan komponen yang sangat penting pada kendaraan bermotor Anda. Walaupun Anda menggunakan oli motor terbaik dan mahal sekalipun, tetap saja akan ada kemungkinan oli tersebut terkontaminasi oleh kotoran. Kotoran tersebut bisa berbentuk serpihan elemen komponen, bahan bakar, air, dan juga produk-produk nitrat. Kotoran pada oli bisa berupa serpihan logan akibat gesekan atau endapan karbon yang ada di bawah oli selama bersikulasi. Oil filter ini lah yang akan menyaring semua kotoran, dan memastikan bahwa cairan oli yang beredar dalam sistem pelumas adalah oli yang telah bersih. 

Ada dua jenis saringan dalam oil filter yakni saringan kasa dan saringan sentrifugal. Saringan kasa merupakan saringan yang berbentuk kasa dan berfungsi untuk menahan kotoran untuk masuk ke dalam cairan oli. Sementara, saringan sentrifugal adalah saringan yang beroperasi dengan gaya sentrifugal dan menyaring kotoran dengan memanfaatkan gaya tersebut. Cara kerjanya adalah ketika mesin motor dihidupkan, oli dari dalam pompa akan melewati saringan sentrifugal. Dengan gaya tersebut, kotoran yang ada di dalam oli akan terlempar keluar dan menempel pada dinding saringan. Namun demikian, lama kelamaan endapannya akan semakin menebal sehingga Anda harus sering-sering membersihkannya.

Karena berfungsi untuk menyaring kotoran, oil filter ini harus dibersihkan secara rutin. Kotoran pada saringan oil filter yang tidak pernah dibersihkan akan semakin menumpuk, dan pada akhirnya akan menghambat aliran oli masuk ke dalam mesin. Hal ini, akan membuat sistem pelumasan tidak dapat bekerja dengan sempurna. Jika hal ini terus dibiarkan, akan menyebabkan mesin motor Anda menjadi cepat aus, dan bahkan dapat menjadi penyebab rusaknya beberapa komponen mesin motor Anda.
Selain menjaga kebersihan oil filter, Anda juga harus melakukan penggantian oil filter secara rutin. Penggantian ini sangatlah penting, karena kualitas oil filter akan semakin berkurang jika digunakan terlalu lama. Sehingga, proses penyaringan oli akan menjadi tidak sempurna, dan memungkinkan oli yang masuk ke dalam mesin masih mengandung kotoran. Begitu pentingnya fungsi oil filter ini, jadi pastikan Anda selalu menjaga kebersihan dan mengganti komponen motor ini pada motor Anda. (Tr)

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.