Diet Sehat Dengan Salad Tepat

Salad adalah salah satu jenis makanan yang paling banyak digunakan sebagai salah satu tips mengecilkan perut atau diet. Makanan yang terdiri dari berbagai banyak jenis sayuran dan buah ini memang banyak dipilih karena kandungan lemak yang jelas sedikit sehingga sangat baik untuk diet. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak selamanya salad itu baik untuk diet, karena terkadang salad dicampur dengan saus yang banyak terkandung lemak dan protein seperti mayones. Lalu bagaimana diet sehat dengan salad yang benar?. Berikut ini beberapa tips pemilihan salad untuk diet yang sehat.

menu salad untuk diet
Gunakanlah dressing / saus salad yang berasal dari minyak seperti minyak zaitun atau minyak kanoli. Penggunaan dressing seperti mayones memiliki kandungan lemak dan protein yang tinggi, sehingga tidak baik untuk diet. Pemilihan minyak untuk salad sangat baik, hal ini dikarenakan kandungan karotenoid ( senyawa Vit A ) yang baik untuk kesehatan.

Bila ingin menambahkan keju dalam campuran salad, maka sebaiknya gunakanlah jenis keju rendah lemak. Keju diperlukan sebagai sumber kalsium yang baik untuk tulang dan menambah rasa gurih dalam salad.

Gunakan banyak beragam sayuran dan buah, hal ini dikarenakan kandungan setiap sayuran dan buah yang berbeda-beda. Kandungan varian vitamin dan mineral pada beragam sayuran dan buah sangat baik untuk kebutuhan tubuh disaat sedang diet. Pemilihan sayuran berwarna seperti wortel, brokoli, paprika sangat baik untuk varian salad. Untuk meningkatkan rasa pada salad dapat mempergunakan sayuran seperti peterseli atau daun basil, selain itu kedua daun ini memiliki antioksidan yang baik untuk melawan penyakit.

Tambahkan Protein nabati atau hewani yang rendah lemak. Protein dibutuhkan tubuh untuk membakar energi dalam beraktifitas. Pemilihan protein yang baik dapat diperoleh dari kacang-kacangan, tahu, edamame, ikan salmon, daging ayam tanpa lemak. Dengan demikian tubuh masih mendapatkan manfaat protein dalam salad.

Dengan pemilihan komposisi dalam menu salad, dapat mendukung program diet sehat kita. Namun ketika diet, bukan berati kita melupakan karbohidrat, lemak, protein. Semua kandungan tersebut tetap dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.