Alternatif Tempat Wisata Goa untuk Liburan

Menjelang musim liburan seperti sekarang ini, mencari available apartment in Jakarta pastinya akan sangat sulit sekali. Pasalnya, sudah banyak masyarakat ibukota yang ‘sengaja’ menyewa unit apartemen untuk dihuni ketika tahun baru atau untuk mengisi waktu liburan mereka. Ya, menghabiskan hari libur di hotel atau apartemen memang sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Rasa enggan dan malas kadang menghampiri setiap kali mencoba untuk mengunjungi tempat wisata yang baru.

Nah, untuk mewarnai liburan Anda dengan gaya yang berbeda, mengapa tidak coba mengunjungi goa-goa di Pulau Jawa yang belum terlalu dikenal dengan masyarakat? Selain bisa menjadi sarana edukasi untuk Anda dan keluarga, wisata ke goa juga bisa membuka mata Anda terhadap keajaiban alam yang ada di sekitar kita. Penasaran ingin berkunjung? Yuk, cek tiga goa yang bisa Anda kunjungi liburan ini!


Goa Gong. Terletak di Desa Bomo, Pacitan, Jawa Timur, goa ini merupakan tempat wisata yang belum banyak dieksplorasi oleh masyarakat luas, lho. Padahal, goa ini menyimpan banyak jejak-jejak sejarah yang sangat menarik untuk ditelusuri. Meski belum banyak dikunjungi, fasilitas pendakian di goa ini sudah cukup baik, kok. Ada jalur berupa tangga yang memudahkan kamu untuk berjalan dan juga pencahayaan buatan supaya pengunjung tidak tersandung begitu menelusuri goa. Di dalamnya, Anda bisa menemukan ornamen-ornamen khas seperti stalaktit, stalagmit, dan juga flowstone. Lengkap! Konon, ornamen goa ini terbentuk karena Goa Gong merupakan bagian dari pegunungan karst yang sudah berusia ratusan tahun.



Goa Maharani. Nah, mumpung Anda masih berada di kawasan Jawa Timur setelah mengunjungi Goa Gong, ada baiknya kalau Anda juga mampir ke Goa Maharani! Tempat wisata ini berada di Kabupaten Lamongan dan bisa dicapai dengan bantuan Google Maps. Bagian dalam goa-nya tidak kalah indah dengan Goa Gong, lho. Jalur penjelajahannya juga sudah terkelola dengan baik dan aman untuk ditelusuri, karena Goa Maharani memiliki pihak manajemen untuk mengaturnya.

Goa Cerme. Jika Anda ingin merasakan sensasi menjelajah goa dengan cara yang berbeda, yuk coba berkunjung ke Goa Cerme di Yogyakarta! Pasalnya, goa ini merupakan jenis goa yang dialiri air di dalamnya. Ketinggian airnya pun cukup lumayan, sekitar sebetis orang dewasa. Jadi, ketika hendak berkunjung ke sana, Anda harus siap untuk berbasah-basahan. Serunya, sambil main air, Anda juga bisa menikmati ornamen goa yang sangat menakjubkan.


Semoga rekomendasi tiga goa di atas bisa menjadi alternatif liburan Anda, ya. Selamat berlibur!

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.