Berbagai jenis Pemanas Air

Pemanas air atau Water Heater pada awalnya banyak dipergunakan pada negara - negara yang memiliki iklim dingin. Namun, seiring waktu dimana banyak orang yang mengetahui tentang manfaat dari penggunaan pemanas air. Selain itu gaya hidup manusia yang membutuhkan air panas untuk mandi membuat pemanas air semakin berkembang. Di Indonesia sendiri masyarakat sudah mulai banyak yang menggunakan pemanas air dan terpasang dirumahnya. Banyaknya permintaan akan pemanas air ini, membuat semakin banyak produsen memasarkan produknya di Indonesia.

Pemanas air yang banyak beredar di Indonesia memiliki banyak jenis untuk sumber penghasil panasnya. Berikut ini beberapa jenis pemanas air yang dapat dipilih.

Pemanas Air Tenaga Listrik
Pemanas air ini menggunakan listrik sebagai sumber tenaga untuk memanaskan air dan tentunya akan membuat biaya pemakaian listrik semakin besar. Pemanas air tenaga listrik ini terbagi menjadi 2 (dua) yaitu menggunakan tangki dan tanpa tangki.
  • pemanas air tenaga listrik dengan tangki, memiliki tangki untuk menyimpan persediaan air panas yang akan digunakan. Namun bila suhu air dalam tangki mulai dingin, pemanas air ini akan menyala hingga air mencapai suhu panas yang diinginkan dan begitu seterusnya.
  • Pemanas air tenaga listrik tanpa tangki (tankless). Pemanas air ini tidak memerlukan tangki untuk menyimpan air panas. Sistem pemanas air ini mengkonsumsi listrik sangat besar hingga 2000 Watt yang digunakan memanaskan air dengan cepat dari keran. Ada pula pemanas air yang tidak begitu besar dalam mengkonsumsi listrik, seperti 350 samapi 500 watt, namun pemanas air ini membutuhkan waktu lebih lama untuk memanaskan air untuk siap dipakai.
Pemanas Air Tenaga Surya
Pemanas air tenaga surya ini menggunakan tenaga matahari untuk memanaskan airnya. Pemanas air ini menggunakan tangki untuk menyimpan air panas yang akan digunakan. Sistem ini menggunakan sistem penyerapan panas matahari untuk memanaskan air, lalu disimpan dalam tangki. Sinar matahari di iklim tropis seperti di Indonesia memiliki panas matahari sepanjang tahun, sehingga dapat menghasilkan air panas. Pemanas air ini sangat mudah dan simple dalam perawatan dan lebih murah karena menggunakan tenaga matahari sebagai sarana untuk memanaskan air.

Pemanas Air Tenaga Gas
Pemanas air tenaga gas ini menggunakan gas sebagai bahan bakar untuk memanaskan air. Sistem yang digunakan hampir sama dengan memasak air dengan kompor gas. Perlu diperhatikan dalam penggunaan pemanas air ini dalam hal ventilasi udara dikamar mandi harus diperhatikan, hal ini untuk mengantisipasi bila terjadi kebocoran gas.

Pemanas Air Tenaga Panas AC
Pemanas air ini menggunakan udara panas yang dikeluarkan kompresor ac. Namun pemanas air ini sangat jarang yang memakai karena diperlukan instalasi yang khusus dan belum banyak teknisi yang mengerti sistem ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.