Tips Menghemat Water Heater Di Rumah

Water heater atau pemanas air adalah salah satu kebutuhan dalam rumah tangga, walaupun tidak semua rumah memiliki water heater ini. Kebutuhan akan air panas untuk mandi , mencuci atau pun kebutuhan lainnya membuat konsumsi energi untuk water heater menjadi besar ( terutama untuk water heater yang menggunakan tenaga listrik atau gas. Tidak dipungkiri penggunaan listrik untuk water heater ini relatife besar dan memakan biaya yang cukup besar.

water heater
Oleh karena itu perlu dilakukan penghematan dalam penggunaan maupun pemakai energi untuk pemanas air ini. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghemat water heater dirumah.
  • Jika Anda menggunakan pemanas air yang menggunakan tenaga listrik atau gas, maka dapat mempertimbangkan untuk menggunakan unit Tankless. Pemanas air tankless memproduksi air panas hanya pada saat dibutuhkan bukan untuk sisimpan ditangki untuk digunakan nanti. Pada awalnya memang sedikit mahal, tetapi untuk kedepannya penggunaan tankless akan jauh lebih hemat.
  • Turunkan suhu water heater hingga 120 derajat. Hal ini dapat menghemat konsumsi energi dan mencegah kecelakaan karena air yang terlalu panas.
  • Letakkan pemanas air sedekat mungkin dengan lokasi yang sering menggunakan air panas, seperti kamar mandi. Dengan mengurangi jarak saluran air panas setidaknya dapat lebih menghemat energi.
  • Bila menggunakan pemanas air tenaga listrik, sebaiknya memposisikan pada off bila tidak digunakan.
  • Pastikan memilih water heater dengan ukuran yang disesuai dengan kebutuhan rumah. Bila terlalu besar maka akan membuang energi dengan percuma.
Dengan mengetahui beberapa tips untuk menghemat energi menggunakan water heater tentunya akan membuat tagihan listrik dan gas dirumah menjadi lebih murah.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.