Tips Memilih Mainan Anak yang Aman

Kini banyak tersedia berbagai jenis mainan anak yang dapat kita jumpai baik di toko mainan sampai penjual kaki lima dengan berbagai harga dan kualitas. Kita harus dapat memilih mainan mana yang baik untuk anak, karena tidak semua mainan itu aman untuk anak.

mainan anak
Ada beberapa hal yang orang tua perlu perhatikan dalam memilih mainan untuk anaknya. Berikut ini beberapa Tips Memilih Mainan Anak yang Aman yang dapat digunakan untuk memilih mainan yang baik dan aman.
  • Pilihlah mainan sesuai dengan usia anak. Biasanya pada mainan akan tertera untuk batasan usia anak yang dapat memainkannya.
  • Mendata mainan yang aman dan tak aman. Orang tua bisa mengecek mainan-mainan yang sempat ditarik kembali dari pasaran karena berbahaya. Kumpulkan daftar produk berbahaya itu, cetak agar tidak terlupakan saat hendak membelikan mainan bagi anak
  • Waspadai mainan-mainan dari China. Orang tua perlu waspada terhadap mainan-mainan dari China dan mainan murah lain yang terbuat dari bahan yang murah, seperti dari plastik. Banyak plastik yang bisa mengeluarkan asap beracun yang bisa membahayakan anak-anak.
  • Waspadai cat pada mainan. Bahaya lainnya bisa datang dari cat yang ada pada Mainan Anak Murah. Kebanyakan cat mengandung timah yang bisa berefek buruk bagi kesehatan anak. Baca dulu label mainan anak sebelum membelinya. Selain itu cek kembali mainan itu dari daftar mainan yang terlarang di atas.
  • Bedakan plastik berbahaya dengan bahan plastik yang aman. Bila mainan terbuat dari plastik, agak sedikit sulit memang, untuk mengetahui apakah plastik tersebut berbahaya atau tidak. Sebagai pedoman, para orang tua cukup mencari simbol daur ulang di kardus mainan. Apabila terdapat simbol daur ulang, berarti mainan itu berasal dari bahan plastik yang bisa didaur ulang dan cukup aman bagi sang anak.
  • Hindari mainan yang memiliki bagian-bagian kecil dan mudah patah. Walaupun di kardus mainan tertera petunjuk usia yang sesuai dengan usia sang anak. Terlebih lagi bila produk itu terbuat dari bahan murah, yang sudah pasti tidak akan tahan lama, dan mudah rusak dan patah.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.