Perawatan Cat Mobil Agar Tetap Awet

Cat mobil adalah salah satu bagian terpenting dari mobil, karena cat adalah bagian pertama dilihat dari sebuah tampilan mobil. Percuma bila memiliki mobil mahal dan bagus tetapi bila cat mobilnya kusam dan tidak tampak menarik. Oleh karena itu Perawatan Kendaraan khususnya bagian cat merupakan salah satu hal terpenting untuk dapat menghasilkan tampilan mobil yang selalu berkilau. Banyak hal yang yang telah dilakukan untuk melindungi dan merawat cat mobil agar tetap berkilau. Namun seiring dengan berjalannya waktu, faktor kondisi jalan, cuaca dan lain-lain dapat menyebabkan rusaknya cat mobil dan membuatnya menjadi kusam.

perawatan cat mobil
Perawatan Cat Mobil dapat dilakukan dengan berbagai hal, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membuat cat mobil tetap awet dan berkilau.

  • Cucilah mobil secara berkala seminggu sekali, hal ini bertujuan agar debu dan kotoran yang menempel pada cat mobil tidak menumpuk dan mengeras. Pada saat musim hujan atau bila mobil terkena hujan sebaiknya segera mencucinya setelah pemakaian, karena sifat air hujan yang mengandung asam dapat merusak cat mobil.
  • Cucilah mobil dengan shampo khusus mobil, jangan menggunakan sabun atau detergen karena dapat membuat cat mobil menjadi kusam. Penggunaan shampo khusus mobil sangat disarankan kerena shampo mobil memiliki kandungan dan Ph yang dikhususkan untuk merawat cat mobil.
  • Keringkan segera mobil setelah dicuci dengan lap. Hati-hati dalam proses pengelapan, perhatikan apabila masih ada kotoran yang menempel karena dapat menyebabkan cat tergores karena dilap.
  • Pada saat pemakaian setelah hujan sebaiknya mobil disiram terlebih dahulu dengan air agar kotoran yang menempel dapat turun dan tidak menyebabkan lecet pada cat disaat dicuci.
  • Jangan mencuci mobil ditempat yang panas atau terpapar matahari, hal ini akan menyebabkan tetesan air akan cepat mengering dan menimbulkan bercak pada cat mobil.
  • Jangan parkir mobil terlalu lama di bawah sinar matahari langsung karena dapat merusak cat mobil.
  • Gunakan cover mobil untuk melindungi mobil dari panas atau hujan pada saat mobil diparkir ditempat terbuka. Perlu diperhatikan dalam memilih cover mobil, pilihlah yang tahan air. Apabila cover mobil tembus air, maka dampaknya akan lebih besar karena air yang tertutup cover mobil akan menimbulkan jamur pada cat mobil.
  • Lindungi cat mobil dengan lapisan wax pelindung cat mobil. Wax disini berfungsi sebagai pelindung mobil dari paparan sinar matahari dan anti jamur.
Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan agar cat mobil dapat selalu tampil berkilau. Tentunya dengan cat mobil yang berkilau dan bersih akan menambah daya tarik mobil itu sendiri.

{ 1 comments... read them below or add one }

EghyR01 mengatakan...

Terima Kasih sobat udah mau membagi ilmunya .

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.