Makanan yang Buruk Untuk kesehatan Anak

Makanan yang Buruk Untuk kesehatan Anak - Perhatikan makanan anak anda, karena anak anda adalah makanan apa yang mereka makan. Banyak orang tua terutama ibu yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya memberikan makanan anak dengan makanan yang instan dan kurang kandungan gizi yang dibutuhkan, dengan alasan terlalu sibuk bekerja.

Pic: Ist
Kebiasaan anak mengkonsumsi makanan siap saji atau fast food sangatlah buruk bagi kesehatan mereka, mulai dari obesitas, kandungan zat kimia / pengawet yang terkandung dalam makanan, kurangnya asupan gizi yang dibutuhkan, sampai resiko terserangnya berbagai sumber penyakit seperti kanker. 


1. Makanan siap saji / fast food
Banyak Restoran siap saji menyediakan makanan seperti burger, hotdog, fizza, french fries ( kentang goreng ), Fried chicken dll. Dimana makanan tersebut tinggi akan kadar kalori dan lemak, bahkan pengawet. Sering mengkonsumsi makanan tersebut dapat menyebabkan anak menjadi obesitas dan mudah terkena penyakit diabetes, jantung dan kanker. 

2. Makanan Manis
Makanan yang Mengandung banyak gula tidak baik untuk kesehatan anak, mulai dari obesitas, diabetes dan kerusakan gigi. Makanan ringan seperti permen, kue, es krim dll tidak ada nutrisi sehat yang terkandung, kecuali terdapat rendah gula pada label. Apabila anda suka membuat kue / cemilan sendiri, kurangi kadar gula dalam porsinya.

3. Makanan beku.
Makanan Beku seperti nugget, sosis tidak baik untuk kesehatan anak. Memang mudah dalam menyajikan makanan tersebut, tinggal goreng selesai. Namun apakah anda sadar dalam setiap makanan beku terdapat zat kimia sebagai bahan pengawet. Apabila anak anda menyukai nugget atau sosis, anda anda membuat nugget / sosis sehat sendiri dirumah dengan bahan yang lebih sehat dan tanpa bahan pengawet.

4. Soft drink / soda.
Kandungan minuman berkabonasi dengan kadar gula yang tinggi membuat anak-anak menyukainya. Namun hal ini tidaklah baik untuk kesehatannya. Berikan minuman sehat untuk anda seperti air putih atau susu.

5. Jajanan jalan.
Banyak jajanan di jalan ( terutama disekolah ) dengan bentuk dan warna yang menarik anak untuk mengkonsumsinya. Biasakan membekalkan makanan dari rumah agar mereka tidak jajan sembarang, informasikan juga anak anda tentang bahayanya jajanan makanan dijalan.

Sudah saatnya anda memulai merubah kebiasaan makanan anda dengan makanan yang sehat. Luangkan waktu untuk membuatkan makanan sehat untuk anak anda. Makanan yang anda buat sendiri sudah jelas lebih sehat dan pastinya terbebas dari bahan kimia seperti bahan pengawet. -dboen-

{ 1 comments... read them below or add one }

todaymustbefine mengatakan...

makanan sekarang memang enak rasanya namun efeknya terasa dalam jangka waktu yg lama, teringat makanan jaman dahulu tanpa pengawet jarang penyedap dll dan umur merekapun lebih dari 70 taun.

Regards,
Info seputar kesehatan Anak

Posting Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.