Arti Penghargaan Bagi Sebuah Kota

Mendapat penghargaan bagi sebuah kota merupakan hal yang sangat berarti sekali. Bagaimana tidak? Kota yang mendapat penghargaan biasanya akan semakin dikenal masyarakat. Penghargaan yang didapat oleh sebuah kota biasanya dikarenakan kebersihan kotanya. Kota yang bersih, asri dan nyaman akan mendapatkan penghargaan adipura dari pemerintah. Penghargaan adipura merupakan sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Penghargaan adipura sendiri diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup Indonesia.

Program Adipura dilaksanakan setiap tahun sejak 1986, kemudian terhenti pada tahun 1998. Dalam lima tahun pertama, program Adipura difokuskan untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi "Kota Bersih dan Teduh". Program Adipura kembali dicanangkan di Denpasar, Bali pada tanggal 5 Juni 2002 dan berlanjut hingga sekarang. Pengertian kota dalam penilaian Adipura bukanlah kota yang otonom, melainkan bisa juga bagian dari wilayah kabupaten yang memiliki karakteristik sebagai daerah perkotaan dengan batas-batas wilayah tertentu. Kota yang paling sering mendapatkan penghargaan adipura yaitu kota Palembang.

Piagam Adipura

Diberikannya penghargaan adipura kepada sebuah kota yang ada di Indonesia, pastinya akan memunculkan banyak pendapat dari arti penghargaan yang diterima. Bagi kota yang baru pertama kali mendapatkan penghargaan, pastinya penghargaan tersebut sangat berarti. Dengan diberikannya penghargaan adipura kepada kota yang baru mendapatkan penghargaan, maka biasanya kota tersebut akan langsung dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Dan biasanya banyak masyarakat kota lain yang datang untuk menikmati keindahan kota yang menerima penghargaan. 

Kota yang sering mendapat penghargaan adipura pun akan berpendapat sama bahwa mendapatkan sebuah penghargaan adipura merupakan hal yang sangat berarti bagi kelangsungan kota tersebut. mengapa demikian? Alasannya sudah pasti kota tersebut akan semakin dikenal dan diingat masyarakat kota lain dikarenakan kotanya yang selalu bersih dan nyaman. Masyarakat pasti beranggapan bahwa terlalu seringnya kota tersebut mendapatkan adipura sudah pasti kota tersebut selalu bersih dan bebas dari sampah yang berserakan. Otomatis hal ini biasanya akan memberi motivasi kepada masyarakat kota lain untuk membersihkan kotanya.

Pada saat sebuah kota pernah mendapatkan penghargaan adipura pastinya banyak yang bertanya “seberapa penting sebuah penghargaan bagi kamu” kota yang selalu mendapatkan penghargaan adipura? Ya, mendapatkan penghargaan adipura sungguh sangat bermakna dan penting sekali, akan tetapi apabila mendapatkan sebuah penghargaan adipura sebaiknya jangan berbangga hati dulu, dikarenakan mempertahankan sebuah hasil yang didapat lebih sulit daripada sebelum mendapatkan penghargaan. 

Itulah sedikit informasi tentang seberapa penting arti penghargaan bagi sebuah kota yang telah menerima penghargaan dari pemerinta. Semoga artikel ini memberi manfaat pada Anda yang membacanya. Demikianlah artikel ini dibuat untuk mengikuti salah satu lomba yang memberikan hadiah voucher belanja Sodexo dan menyediakan merchant Sodexo.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.