Mengenal Macam dan Jenis Fitting Pada Pipa PVC

Fitting merupakan komponen yang digunakan dalam proses pemipaan dan berfungsi untuk merubah, menyebarkan, memperbesar ataupun memperkecil suatu aliran. Melihat pentingnya fungsi yang dimiliki maka tak salah jika komponen ini merupakan hal penting ketika melakukan proses pemipaan dan akan selalu digunakan. 

Pahami Jenis Jenis Fitting


Di dalam fitting sendiri sebenarnya masih terbagi menjadi beberapa jenis, hal ini dikarenakan istilah tersebut bukan untuk sebuah individu melainkan untuk menamai dari sebuah pengelompokan. Untuk memudahkan anda memahami macam-macam jenisnya maka dibawah ini akan kami berikan pembahasannya:

  • Elbow

Jenis yang pertama yaitu elbow, berfungsi untuk membelokkan dari arah aliran. Elbow sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu yang berukuran 45 derajat dan juga 90 derajat jadi jika ingin mendapatkan ukuran sudut di luar ukuran tersebut maka anda perlu untuk memotong elbow. Jika ingin mendapatkan sudut yang lebih besar maka bisa dengan cara menyambungkan kedua buah elbow sesuai dengan kebutuhan. 

Fitting Pip Elbow
Sumber Gambar : www.rucika.co.id


Selain dari ukurannya elbow juga terbagi menjadi 2 buah tipe yaitu yang sort dan long radius, tetapi biasanya yang paling sering digunakan adalah long radius dengan diameter belokan sebesar 1,5 kali NPS. 

  • TEE 

Jenis yang kedua adalah tee, berfungsi untuk membagi aliran. Secara umum cabang ini akan memiliki ukuran yang sama dengan ukuran dari pipa utamanya atau bisa disebut sebagai straight tee. Jika memiliki ukuran yang berbeda maka akan disebut dengan reducing tee. 

Fitting Pipa TEE
Sumber Gambar: www.rucika.co.id

Yang perlu anda ketahui adalah tidak semua tee memiliki bentuk yang tegak lurus karena ada juga yang memiliki sudut 45 derjat dan disebut sebagai lateral tee, jenis ini umumnya digunakan pada pressure yang lebih rendah. 

  • Reducer 

Fitting Pipa Reducer
Sumber Gambar: www.rucika.co.id


Jenis fitting ini memiliki fungsi untuk bisa mengurangi aliran, artinya adalah ia memiliki tugas untuk bisa menyatukan dari diameter yang besar ke kecil ataupun kebalikannya. Reducer terbagi menjadi 2 jenis yaitu concentrik dan eccentrik. 

  • Stub-End

Fitting Pipa Stub-End
Sumber Gambar: www.rucika.co.id


Jenis ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan tee yaitu sebagai pembagi aliran namun berbeda model. Jika pada tee akan terpisah maka stub ini percabangannya akan langsung ada dari pipa utamanya. 

Nah bagaimana sudah paham bukan tentang macam dan jenis produk fitting? Jika anda tengah mencari komponen tersebut maka sebaiknya anda mencoba produk fitting dari rucika dengan meng-click website www.rucika.co.id. Selain banyaknya pilihan yang disediakan kualitasnya pun sudah tidak perlu diragukan lagi dan tentu saja bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.