Lakukan 6 Tips Ini Agar Pengajuan Kredit Disetujui Bank

Mengajukan pinjaman uang atau kredit ke bank memang tidak mudah. Untuk menjaga agar prosedur pinjam meminjam tetap tertib, diperlukan beberapa proses yang ketat sebelum menyetujuinya. Tak jarang pengajuan ditolak karena tidak memenuhi kriteria yang ada. Sebab bank punya kriteria untuk menolak pengajuan kredit yang diajukan. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar pengajuan kredit dapat disetujui oleh bank dengan mudah. 

Lakukan Research
Peraturan kredit di setiap bank tentunya berbeda. Ada yang menyertakan barang jaminan (agunan) dan ada juga yang tidak. Besaran bunga yang ditentukan pada tiap bank tentu juga berbeda-beda. Oleh sebab itu, lebih baik Anda melakukan riset dulu sebelum mengajukan kredit di bank tertentu. Carilah informasi secara online atau bertanya langsung pada teman Anda yang lebih mengerti akan hal ini agar Anda bisa lebih nyaman menjalani prosedur kredit.

Pahami Tujuan Kredit
Hal utama yang perlu Anda ketahui adalah tujuan kredit. Apakah untuk kebutuhan individu atau untuk modal usaha. Jika untuk usaha, sebaiknya Anda menyiapkan portofolio usaha secara detil agar mudah dimengerti oleh pihak bank.

Siapkan Dokumen yang Diperlukan
Sebelum menyetujui ajuan kredit, pastinya pihak bank meminta Anda untuk memberikan beberapa dokumen penting seperti; identitas pribadi, dokumen legalitas perizinan, dokumen keuangan, dan dokumen agunan. 

Pastikan Histori Kredit Anda Baik
Salah satu faktor yang bisa membuat pengajuan kredit ditolak adalah histori pembayaran yang tidak tertib. Oleh sebab itu, pastikan Anda melancarkan pembayaran utang lainnya terlebih dahulu. Bank dapat membaca IDI Historis Anda sehingga kondisi keuangan Anda pun dapat diketahui. 

Ketahui Kemampuan Anda
Jika berani mengajukan kredit, berarti Anda harus mampu menanggung cicilan yang perlu dibayarkan sesuai kesepakatan. Mendapat pinjaman kredit memang diawal terasa menguntungkan, namun Anda juga perlu mempersiapkan solusi jika ternyata ada hambatan untuk membayarkan cicilan kelak. Pihak bank juga akan menolak permohonan Anda jika total cicilan melebihi sepertiga dari penghasilan.

Jalani Prosedur dengan Jujur
Utamakanlah  kejujuran saat melalui proses pengajuan kredit di bank. Hindari pemalsuan dokumen dan berkata tidak jujur ketika diadakan wawancara dari pihak bank. Alih-alih mendapatkan persetujuan, ternyata malah menjerumuskan Anda ke dalam masalah. 
Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar pengajuan kredit dapat diterima. Semoga bermanfaat. (Rima)

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.