Cara Merawat Buku yang Sudah Usang

Setiap orang pastinya memiliki minimal satu atau dua buku dalam rumahnya. Terutama bagi kolektor buku pasti mempunyai segudang buku-buku dari berbagai jenis dan umur yang tertumpuk di lemari. Biasanya kita menyimpan buku dengan cara menaruhnya didalam rak atau hanya menumpuknya didalam kardus. Bahkan setelah membaca, mungkin kita justru menaruhnya sembarangan di atas meja ruang tamu. Penting untuk kita ketahui bahwa sebenarnya hal-hal tersebut dapat merusak buku. Cara yang benar untuk merawat buku koleksi anda atau menghindari kerusakan pada buku adalah dengan menkonservasi atau dengan melakukan perawatan dan pemeliharaan pada buku.

Konservasi buku pada umumnya hanya dilakukan pada koleksi buku tua dan buku penting seperti buku sejarah tua, kitab dan sebagainya agar kelangsungan informasi dalam buku-buku tersebut tetap dapat dilestarikan, namun hal tesebut tentu bisa kita lakukan juga untuk menjaga buku-buku yang usang agar tetap terawat kondisinya. Berikut adalah cara-cara mengkonservasi buku:

Bersikan kotoran dan debu yang menempel pada buku dengan menggunakan tisu kering atau lap berbahan kering sebelum menyusun buku pada rak.
Bongkar setiap lipatan pada setiap halaman buku jika ada.
Jangan menuliskan nama pada lembar halaman buku dengan pulpen atau spidol karena bahan tinta mempunyai kadar asam yang dapat merusak buku apabila tercampur dengan air atau kelembaban.
Sampulah buku-buku penting atau buku tua dengan sampul plastik agar terhindar dari kotoran dan debu, karena semakin tua umur buku semakin mudah mengeropos.
Bila ada sampul buku yang terlipat , ratakan buku tersebut dengan cara menaruh buku di bawah tempat tidur yang kita tiduri secara lurus dan rata dengan jangka watku semalam atau lebih tergantung kondisi lipatan.
Gunakan rak buku yang rata dan terbuat dari bahan kayu yang tebal atau besi .
Susunlah buku dengan jarak pada rak tersebut sesuai dengan jenis dan tipe buku.
Jangan menumpuk buku lebih dari 30 cm keatas, karena tekanan yang berlebihan akan merusak sampul buku yang paling bawah.
Jangan meletakan buku secara vertikal pada buku yang horizontal, karena dapat merusak sampul buku.
Usahakan buku tersimpan pada suhu ruangan yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu lembab.
Terakhir, bersihkan setiap buku minimal 3 bulan sekali secara rutin.

Semoga bermanfaat! (Rima)

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.