Waspada Terhadap Customer Online Shop Nakal

Bisnis dengan sistem online saat ini memang sedang berkembang pesat. Bahkan jumlahnya terus bertambah setiap waktunya. Apalagi dengan adanya kerjasama antara bank dengan salah satu online shop tertentu yang memberikan promo internet banking jika melakukan transaksi di toko tersebut dengan pembayararan melalui internet banking. Hal ini membuat konsumen semakin senang berbelanja secara online, dan berdampak pada terus bertambahnya jumlah online shop.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, sistem kerja online shop benar-benar berdasarkan pada kepercayaan antara penjual dan pembeli. Karena, baik penjual maupun pembeli tidak saling bertatap muka saat bertransaksi. Bahkan, konsumen tidak langsung melihat bagaimana kondisi barang yang dibelinya, dan hanya membeli berdasarkan dari gambar yang dilihatnya. Konsumen harus melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum transaksi diproses. Karena itulah, banyak orang yang memberikan informasi dan tips pada konsumen online shop agar terhindar dari online shop nakal, yang menghilang setelah konsumen melakukan pembayaran.

Akan tetapi, sebenarnya tidak hanya online shop saja loh yang bisa melakukan kenakalan. Online shop pun terkadang dibuat pusing dan kesal oleh ulah konsumen nakal. Penasaran seperti apa dan apa sih yang dilakukan oleh konsumen nakal ini?  Berikut ini beberapa diantaranya.

  • Banyak bertanya

Konsumen adalah raja, karena itulah layani konsumen dengan cara yang baik. Akan tetapi, jika konsumen yang kita layani ini banyak bertanya dan terlalu ribet, pasti membuat kita kesal kan. Apalagi, jika ujung-ujungnya dia tidak membeli satu barangpun dari toko kita. Pembeli seperti ini, biasanya hanya merasa penasaran dengan produk kita dan memang tidak berniat melakukan transaksi. Karena itulah, berhati-hatilah jika menemukan calon konsumen seperti ini. Namun, jangan juga bersikap kurang baik pada calon konsumen yang bertanya mengenai produk kita ya, karena bisa saja dia memang serius ingin tahu mengenai produk kita sebelum memutuskan membelinya.
  • Menghilang atau Membatalkan order mendadak

Sudah banyak bertanya, mengatakan ingin order, meminta detail transaksi tapi kemudian tiba-tiba menghilang begitu saja. Nah, ini juga salah satu tipe konsumen yang sangat menyebalkan. Biasanya, ini terjadi karena konsumen beralih ke toko lain. Misalnya, kita memberikan waktu pembayaran maksimal 2x24 jam. Dalam jangka waktu itu, konsumen yang sedang melakukan browsing tiba-tiba menemukan barang yang membuatnya lebih tertarik daripada produk kita. Akhirnya, konsumen memilih untuk membeli barang tersebut dan tidak melanjutkan transaksi dengan toko kita. Namun, karena merasa tidak enak dengan kita, konsumen memilih untuk menghilang begitu saja. Meskipun, ada juga yang tiba-tiba mengabarkan membatalkan order ketika kita melakukan konfirmasi mengenai pembayaran yang dilakukan oleh konsumen.

Kedua tipe konsumen tersebut, tentulah akan merugikan online shop. Coba posisikan jika kita yang berada di sisi online shop tersebut, tidak eak bukan? Jadi, sebaiknya jangan lakukan hal tersebut yah. (Vita)

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.