Manfaat Musik Untuk Kesehatan

Siapa sih yang tidak suka mendengarkan musik? Hampir semua orang pastinya senang mendengarkan lagu favoritnya. Jika anda suka berpergian dengan kendaraan umum, perhatikanlah orang-orang disekitarmu, kebanyakan dari mereka pasti memandangi ponselnya sambil mendengarkan musik lewat earphone. Atau saat anda pergi mengendarai kendaraan pribadi misalnya. Anda pasti akan menyalakan musik lewat tape mobil untuk menghibur anda dalam perjalanan. Jika kamu suka bernyayi di mobil sambil mendengarkan musik, Mitsubishi Mirage merupakan salah satu mobil dengan harga terjangkau yang menyediakan audio berkualitas tinggi dengan suara bass yang cukup bertenaga, dan masih banyak mobil-mobil lainnya yang mengutamakan fitur audio agar pengendara dapat mendengarkan musik dengan optimal.

Bagi beberapa orang, musik memang menjadi salah satu hal yang penting dalam kehidupan karena musik dapat memperbaiki suasana hati dan perasaan. Fakta bahwa musik mempengaruhi mood memang tidak dapat dipungkiri lagi, akan tetapi ternyata manfaat mendengarkan musik tidak berhenti hanya sampai situ saja. Mendengarkan musik ternyata juga mendatangkan kesehatan fisik bagi anda seperti yang berikut ini.

Meringankan Sakit Punggung
Wah, benarkah mendengarkan musik bisa meringankan sakit punggung? apa kaitannya? Ternyata di Austria telah dilaksanakan penelitian yang menjelaskan bahwa mendengarkan musik mampu membantu pasien yang menderita sakit punggung. Mendengarkan musik dapat mempengaruhi organ tubuh seperti nervous system. Sistem ini berfungsi mengontrol peredaran darah, detak jantung, dan sistem limbik. Jika anda gemar mendengarkan musik yang bertempo pelan, maka peredaran darah dan detak jantung pun perlahan akan berjalan secara rileks dan teratur. Saat merasa tenang, otot-otot keras di bagian punggung juga akan kembali perlahan sehingga akan meringankan rasa sakit akibat otot yang kaku.

Meningkatkan Sistem Imun
Beberapa musik genre tertentu ternyata juga membantu tubuh mengeluarkan hormon yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Terlebih lagi, dengan mendengarkan musik up beat selama 50 menit tubuj kita dapat meningkatkan kadar antibodi serta menurunkan kadar hormon kortisol yang menyebabkan stres.

Membantu Mengurangi Insomnia
Jika anda sering mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari, cobalah untuk memutar musik yang berirama halus dan lamban seperti musik klasik. Atau anda dapat langsung mencari lagu-lagu di website yang menyediakan berbagai macam playlist seperti 8track.com dengan keyword “sleep” atau “dream” agar tidur anda terasa nyenyak. Tidak hanya mengurangin insomnia, ketenangan yang anda dapat dari mendengarkan musik dapat memperbaiki kualitas tidur anda pula.
Ternyata, semakin banyak anda mendengarkan musik, maka akan semakin sehat pula tubuh anda. (Rima)

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.