3 Jembatan Terkenal di Dublin

Dublin terkenal dengan tiga hal: bir, sastra, dan jembatannya. Ya, poin yang terakhir memang benar adanya. Hampir di setiap sudut kota Dublin, terdapat sebuah jembatan untuk menghubungkan satu jalan dengan jalan lainnya yang dibelah oleh Sungai Liffey. Uniknya, jembatan ini memiliki arsitektur yang unik antara satu dengan yang lainnya, lho! Penasaran mau tahu jembatan apa saja yang ada di Dublin? Yuk, segera cari tiket penerbangan dan ambil kopermu! Psst, jangan lupa juga untuk mengecek promo internet banking di setiap maskapai penerbangan karena siapa tahu kamu bisa dapat tiket murah! 
Nah, ini dia beberapa jembatan yang ada di Dublin:

  1. Ha'penny Bridge. Jembatan ini merupakan jembatan yang sangat populer di Dublin. Pasalnya, jembatan yang dikenal dengan nama Penny Ha’Penny Brigde atau Liffey Bridge ini merupakan jembatan kuno yang dibangun pada tahun 1816. Awalnya, fungsi jembatan ini adalah untuk menyeberangkan para pejalan kaki yang hendak menyeberangi Sungai Liffey. Seiring berjalannya waktu, jembatan ini pun sering dijadikan sebagai ‘jembatan cinta’ oleh para wisatawan yang berkunjung dengan menggantungkan gembok di setiap teralisnya. Namun, baru-baru ini pemerintah Dublin sudah mencabut paksa gembok yang tergantung di sana dan melarang dengan keras siapa pun yang hendak memasang gembok. Ha’Penny Bridge terletak di 15 Bachelors Walk, Dublin 1, Ireland.
  2. James Joyce Bridge. James Joyce Bridge atau Droichead James Joyce dalam bahasa Irish merupakan sebuah jembatan yang didesain oleh Santiago Calatrava dan dibangun oleh Irishenco, Harland and Wolff. Jembatan ini memiliki total panjang 40 meter dengan lebar 30 meter dan dipergunakan untuk jembatan pejalan kaki dan juga kendaraan umum. Bahan pembuatnya adalah besi dan kaca, sehingga sangat terlihat futuristik. 
  3. Samuel Beckett Bridge. Jembatan yang berbentuk harpa dan memiliki nuansa futuristik ini merupakan salah satu dari sekian jembatan yang populer di Dublin. Samuel Beckett Bridge mulai dibangun pada bulan Mei 2007 dan resmi dibuka untuk publik pada 10 Desember 2009. Sejak saat itu, jembatan ini menjadi atraksi turis yang ramai dikunjungi dan menjadi lokasi foto yang sangat fenomenal. Samuel Beckett Bridge menyambungkan Sir John Rogerson's Quay di sisi selatan Sungai Liffey ke Jalan Guild dan North Wall Quay di daerah Docklands. Jembatan ini dibuat oleh arsitek Santiago Calatrava yang terletak di North Wall Quay, Sir John Rogerson's Quay, Dublin.
  4. O'Connell Bridge. Jembatan ini membelah Sungai Liffey dan menyambungkan O'Connell Street dengan D'Olier Street dan juga Westmoreland Street. Berbeda dengan dua jembatan di atas, O’Connell Bridge memiliki desain yang sangat sederhana dan dipergunakan sebagai jembatan pada umumnya. Konstruksi jembatan ini dibuat oleh arsitek James Gandon dan terletak di O'Connell Bridge, Dublin, Irlandia.
Dari semua jembatan di atas, mana yang menurutmu paling menarik untuk dikunjungi?

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.