Amankah Menggunakan Rumput Buatan?

Rumput buatan merupakan sebuah inovasi yang telah muncul sejak tahun 1960. Rumput ini terbuat dari fiber sintesis yang dibentuk dan diberi warna menyerupai rumput. Kini, meski dapat digunakan pada bidang lain, namun penggunaannya paling lazim ditemukan pada fasilitas-fasilitas olahraga. Karpet tennis, Karpet Futsal, lapangan bola, hingga lapangan hoki banyak yang menggunakan rumput buatan. Terdapat banyak faktor yang membuatnya sangat terkenal dan digunakan banyak orang, dan salah satu faktor yang paling populer adalah faktor ekonomis yang didapat karena rumput buatan tidak memerlukan banyak perawatan. Namun, bagaimana dengan faktor kesehatan?

Meski memiliki banyak keunggulan, namun tidak sedikit pihak yang menganggap rumput buatan berbahaya untuk kesehatan. Berikut ini beberapa kekurangan dalam segi kesehatan yang dimiliki jenis-jenis rumput buatan tertentu. 
  • Beberapa rumput buatan jenis lama dapat menimbulkan gesekan yang bisa melukai kulit, menimbulkan lecet, hingga luka, hal ini disebabkan oleh bahan rumput buatan yang memiliki tekstur yang lebih keras dari rumput asli. Hal ini tidak terdapat pada banyak rumput buatan jenis baru.
  • Terdapat juga rumput buatan yang menyimpan panas lebih banyak dari rumput asli, karena berbeda dengan rumput asli, rumput buatan tidak mengubah sinar matahari menjadi energi. Hal ini menyebabkan lapangan yang menggunakan rumput buatan lebih panas dibanding dengan yang menggunakan rumput asli.
  • Beberapa jenis bakteri yang biasanya tak bertahan lama pada rumput asli justru memiliki ketahanan tinggi saat hinggap pada rumput buatan. Namun, sebuah penelitian pada tahun 2006 telah membuktikan bahwa jenis rumput buatan baru lebih anti bakteri dibandingkan rumput asli.
  • Kotoran yang menempel pada rumput, seperti kotoran burung hingga darah manusia (yang mungkin jatuh pada saat bentrokan) tidak terproses oleh rumput buatan. Hal ini tidak terdapat pada rumput asli yang secara perlahan-lahan akan membersihkan dan memproses setiap kotoran yang menempel padanya.
  • Beberapa jenis rumput buatan juga dinilai lebih licin saat basah dibandingkan dengan rumput asli. Namun, terdapat juga jenis rumput buatan yang justru lebih kesat dan menjaga agar pemain tidak mudah terjatuh. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua rumput buatan memiliki kekurangan-kekurangan ini. Jadi, sebaiknya pilihlah rumput yang memiliki kualitas baik untuk menghindarkan kita dari berbagai risiko di atas.(RR)

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.