Arsitektur ‘Wes Anderson’ di Korea Utara

Jika sebelumnya Anda tidak pernah melihat bangunan berikut ini, pastinya Anda akan mengira bahwa bangunan-bangunan tersebut merupakan latar belakang dalam film Wes Anderson. Warna pastel, bentuk detail yang animatik, dan juga tata letak yang serasi, semuanya merupakan ciri khas Anderson. Siapa sangka jika bangunan tersebut merupakan desain arsitektur di Korea Utara? Yap, banyak pihak yang menyangka bahwa sebagian besar bangunan di Korut didesain oleh Wes Anderson. Berita tersebut masih simpang siur hingga saat ini, namun yang pasti setelah melihat bangunan-bangunan ini Anda pastinya ingin pergi ke toko mebel Jakarta dan memborong furnitur lucu untuk menghias interior rumah Anda. Sekeren apa bangunannya? Yuk, simak!

National Drama Theatre, Pyongyang. Barisan bangku-bangku berwarna ungu yang berjajar rapi dan berpadu dengan lantai yang berwarna teal merupakan pemandangan pertama yang akan menyambut Anda ketika memasuki ruangan ini. Dan seolah belum cukup, untuk menambah penampilan candy colored look, desainer ruangan ini (yang masih belum diketahui identitasnya) menambahkan detail klasik di dindingnya dan bentuk berlapis layaknya terasering yang membentuk ilusi di bagian atas pintu.

Rungrado 1st of May Stadium. Gedung ini dibangun pertama kali pada tahun 1989 dan direnovasi tahun 2014. Berbeda dengan ruang olahraga di stadion pada umumnya, Rungrado memiliki interior yang sangat manis sekali dengan warna hijau lembut yang berpadu dengan lantai berwarna pastel. Tidak hanya ruang ganti saja yang memiliki interior ala Wes Anderson saja, tetapi juga ruang strategi yang didominasi oleh warna biru.

Changgwang Health and Recreation Complex, Pyongyang. Desain kolam renang yang ada di wilayah Pyongyang ini dihiasi dengan warna cat yang berwarna hijau kebiruan yang berpadu dengan detail hiasan dinding yang serasi. Tidak lupa juga dihiasi pembatas antar kolam yang akan digunakan untuk perlombaan. Bagian interior kolam ini tentunya membuat Anda terpukau karena kesederhanaannya dan juga keunikannya. Pastinya, Anda belum pernah melihat kolam yang seperti ini, bukan?
Hmm, kira-kira siapa ya otak di balik arsitektur menawan di Korea Utara? Benarkah jika Wes Anderson memang menyumbangkan desainnya untuk negara ini? Tunggu saja kelanjutan beritanya!

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.