Kayu Solid dan Kayu Olahan

Mebel kayu jati merupakan salah satu produk asli Indonesia yang tidak hanya terkenal di dalam negeri saja, tetapi juga sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara. Hal ini wajar saja, mengingat mebel kayu jati asli memiliki kualitas yang baik dan tidak perlu diragukan lagi. Namun ternyata, dikalangan masyarakat Indonesia sendiri penjualan mebel ini mulai tergeser dengan produk furniture atau mebel sejenis yang terbuat dari produk olahan kayu. Meskipun beberapa orang tetap menggunakan mebel yang terbuat dari kayu jati.

Tentunya ada alasan mengapa mereka memilih mebel yang terbuat dari kayu jati ataupun produk olahan kayu. Hal ini terkait dengan kelebihan dan kekurangan penggunaan 2 bahan dasar tersebut, antara lain:
  • Kayu jati
Bagi yang lebih mengutamakan kualitas di atas yang lainnya, menggunakan mebel dari kayu jati ini menjadi pilihan yang tepat. Alasannya, karena mebel ini tahan lama dan tidak mudah rusak. Bahkan, mebel ini bisa digunakan hingga puluhan tahun dan bisa Anda wariskan pada anak cucu Anda dikemudian hari. Anda hanya perlu untuk memperbaiki finishing mebel ini dan merubah warnanya jika Anda ingin.

Sayangnya, karena dibuat dengan bahan dasar kayu jati asli, sehingga akan membutuhkan bahan dasar kayu dalam jumlah yang banyak. Sementara, stok dari kayu ini semakin lama semakin menipis, sehingga berpengaruh pada harga mebel ini yang juga semakin melambung tinggi. Akibatnya, tidak semua orang mampu untuk membeli mebel ini.
  • Produk olahan kayu
Ada beberapa bahan produk olahan kayu yang sering digunakan untuk membuat mebel, antara lain blockboard, MDF, particle board, dan kayu lapis. Bahan ini merupakan produk olahan dari limbah kayu, atau material kayu yang sudah tidak digunakan. Karena itulah, harga yang ditawarkan untuk mebel ini cenderung lebih terjangkau.

Namun, jika kita melihat dari segi kualitas maka akan terdapat perbedaan yang terlihat jelas antara mebel ini dengan mebel kayu jati. Mebel ini cenderung mudah rusak, apalagi jika diudara lembab atau terendam air dalam jangka waktu cukup lama. Karena itulah, bagi yang tinggal di daerah lembab atau rawan banjir, sebaiknya tidak menggunakan mebel ini. (Vita) 

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.