Pentingnya Peredam Pada Knalpot

Sebagai bikers sejati, tentunya kita ingin performa motor kita dapat selalu maksimal. Menggunakan oli motor matic untuk motor matic dan oli motor biasa untuk motor manual menjadi salah satu hal yang bisa kita lakukan utuk menjaga performa motor. Selain itu, kita juga bisa melakukan berbagai modifikasi pada motor kita agar tidak hanya performanya saja yang maksimal, tetapi juga tampilannya yang enak dilihat. Namun, kita harus berhati-hati saat memodifikasi motor kita. Jangan sampai niat kita ingin membuat orang terpesona dengan tampilan motor kita, tapi justru malah membuat orang disekitar kita terganggu dan marah.

Sayangnya, hal inilah yang justru sering terjadi dimasyarakat. Banyak remaja yang senang mengganti knalpot motornya dengan knalpot racing dengan alasan suaranya yang lebih terdengar gagah dan bisa meningkatkan performa motor. Masalahnya, beberapa diantaranya menggunakan knalpot racing berkualitas rendah , yang mengeluarkan suara bising dan memekakkan telinga orang disekitarnya. Hal ini bisa disebabkan dari kualitas bahan peredam pada knalpot yang kurang bagus, atau karena pemilik kendaraan mengabaikan kondisi peredam suara knalpot ini.

Pada knalpot standar atau knalpot bawaaan dari pabrik, biasanya menggunakan glasswool sebagai peredamnya. Kualitas peredaman suara ini akan sangat bergantung pada ketebalan dan kerapatan glasswool yang digunakan. Harga glasswool ini terbilang cukup murah dan mudah ditemukan diberbagai lokasi, sehingga bagi yang merasa suara knalpotnya sudah mulai berubah bisa mencoba untuk memeriksa peredam ini untuk melihat apakah sudah waktunya diganti atau belum. Namun, jikakita ingin menggantinya sendiri kita harus berhati-hati, karena serpihan dari glasswool ini bisa membuat kulit terasa gata dan akan berbahaya jika terhirup masuk ke paru-paru.

Selain glasswool, masih ada bahan lain yang digunakan sebagai peredam yaitu fiberglass dan steelwool. Kedua peredam ini memiliki kualitas yang lebih baik dari glasswool, namun tetap saja harus diganti secara berkala. Memeriksa kualitas  peredam dan menggantinya dengan yang baru ketika kualitasnya sudah menurun sangatlah penting, karena sangat berpengaruh pada suara yang akan dikeluarkan oleh kendaraan kita. Semakin buruk kualitas peredam, maka suara yang dihasilkan akan semakin bising dan tentunya sangat mengganggu.

Suara bising yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor ini tidak hanya mengganggu orang sekitar saja, tetapi juga dapat merusak indra pendengaran jika suara yang keluar terlalu bising. Karena itulah, pastikan untuk menggunakan peredam berkualitas bagus pada knalpot kendaraan kita, agar tidak ada orang yang terganggu ketika kita sedang berkendara. (Yv)

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.