Jaga Kebersihan Kulkas

Jaga Kebersihan Kulkas Untuk Jaga Nutrisi Makana Ibu Hamil
Untuk menjaga kesehatan saat hamil, berolahraga dan mengonsumsi makanan ibu hamil menjadi hal yang wajib dilakukan oleh Anda. Hal ini harus Anda lakukan sejak memasuki masa hamil muda, hingga Anda melahirkan. Ada beragam jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi ketika masa hamil muda, namun ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi menjelang masa persalinan, karena akan sangat bermanfaat membantu Anda ketika berada dalam proses persalinan. 

Selain memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi, ada satu hal yang tidak kalah pentingnya untuk Anda perhatikan, yaitu kesehatan dan kebersihan dari makanan yang Anda konsumsi. Salah satunya adalah dengan memperhatikan kebersihan kulkas Anda. Kulkas yang bersih dan sehat menjadi salah satu indikator apakah bahan makanan yang Anda simpan tetap segar dan layak makan atau tidak. Berikut ini adalah tahapan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar kulkas Anda tetap bersih.
  • Rajin-rajin membersihkan kulkas agar bahan makanan tidak tercemar dengan makanan yang sudah membusuk. Dengan rajin membersihkan kulkas, Anda pun akan semakin sering mengecek bahan makanan yang ada di kulkas dan akan tahu jika ada makanan yang sudah harus dibuang ketika kedaluarsa.
  • Simpan makanan jadi ke dalam wadah kedap udara dan tahan bocor. Sebab makanan-makanan tersebut bisa mengeluarkan bau yang menyengat sehingga bisa mempengaruhi bahan makanan yang lain. Lakukan pula hal yang sama untuk menyimpan makanan sisa. Namun sebaiknya, jika makanan bisa dihabiskan pada saat itu juga, lebih baik dihabiskan saja dibanding harus menyimpannya.
  • Pisahkan daging, ikan, dan ayam dalam tempat yang berbeda dengan buah dan sayuran. Pastikan bahwa wadah pembungkus yang digunakan untuk menyimpan bahan makanan tersebut tertutup rapat dan tidak mencemari makanan lainnya. Daging yang tidak dibungkus memiliki risiko terkena bakteri selama disimpan.
  • Ketika kulkas Anda berbau, buang bahan makanan yang menjadi sumber bau kemudian simpan bubuk kopi di tempat yang berbau. Bubuk kopi dapat menetralisir bau sehingga bau tidak sedap di kulkas bisa hilang. Caranya, masukan bubuk kopi ke dalam plastik lalu bolongi di beberapa tempat agar baunya bisa keluar.
  • Jangan menyimpan makanan terlalu banyak di kulkas. Sebab meski mampu memuat banyak bahan, makanan-makanan tersebut memerlukan ruang untuk melakukan pertukaran udara agar tidak cepat busuk.
  • Simpan makanan kacang-kacangan dalam wadah tertutup untuk menjaga kelembapannya. Kacang-kacangan mudah busuk jika tidak disimpan dalam wadah sehingga diperlukan tempat untuk menampungnya agar tetap awet. (Tr)

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.