Belajar Bermusik Tanpa Guru

Musik sudah menjadi hal yang tak lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Kemanapun kita pergi, pasti ada saja iringan musik yang mengalun di dekat kita. Baik itu dari televisi atau radio, iklan bersuara, pengamen, maupun kita sendiri yang bersenandung atau dari alat pemutar musik yang kita bawa sendiri. Bahkan, mulai banyak orang yang begitu mencintai musik hingga tertarik untuk memainkan alat musik sendiri. Meskipun mereka belum bisa memainkannya, mereka akan membeli terlebih dahulu alat musik yang diinginkan di toko alat musik dan setelah itu baru mencari cara bagaimana memainkannya. 

Memanggil guru privat untuk belajar cara memainkan alat tersebut adalah salah satu pilihan, namun keterbatasan biaya atau keterbatasan waktu membuat banyak orang memilih untuk mempelajarinya sendiri. Berikut adalah beberapa tips untuk mereka yang ingin belajar alat musik secara otodidak, tanpa bantuan guru musik. 
  • Pilihlah alat musik yang akan dimainkan. Alat musik pilihan tidak harus selalu alat musik yang umum seperti piano, gitar, atau biola. Pilihlah alat musik apapun yang Anda anggap menarik dan ingin dikuasai.
  • Ketika membeli alat musik yang sudah dipilih, ingatlah bahwa ini adalah sebuah investasi. Tentunya Anda tidak ingin menyia-nyiakan uang membeli alat musik mahal untuk mengumpulkan debu di pojokan. Jadikanlah ini motivasi untuk tidak berhenti belajar alat musik tersebut di tengah jalan.
  • Belajarlah membaca notasi musik. Beberapa orang bisa mempelajari alat musik hanya dengan mendengarkan, tetapi membaca not tetaplah suatu hal yang penting. Jika kita mampu membaca not, kita dapat memainkan lagu dengan lebih mudah.
  • Carilah sumber-sumber referensi, baik buku, video, maupun artikel. Jangan malu untuk memainkan lagu-lagu anak sebagai latihan awal, karena lagu anak biasanya memiliki melodi yang sederhana. Dengan sedikit latihan dan kesabaran, Anda akan bisa memainkan lagu-lagu populer.
  • Hal yang terpenting tentu adalah latihan. Latihan satu jam setiap hari selama sebulan dapat meningkatkan kemampuan bermusik Anda dengan pesat, dan tetaplah latihan bahkan ketika Anda malas.
Hal yang terpenting dalam belajar alat musik adalah niat yang kuat, agar kita tidak berhenti di tengah jalan dan kita terus berlatih alat musik hingga dapat menguasainya.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.