Syarat Menjadi Seorang Motivator

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan seorang motivator wanita terkenal yang bernama Merry Riana. Apalagi, setelah kisah hidupnya ditulis kedalam sebuah buku hingga akhirnya diadaptasi menjadi Film Merry Riana. Baik buku maupun filmnya mendapatkan sambutan yang sangat hangat dipasaran, membuat nama Merry Riana semakin dikenal oleh publik. Merry pun semakin sering mendapat undangan sebagai motivator diberbagai acara.

seorang motivator
Selain Merry Riana, masih banyak lagi motivator di Indonesia yang cukup terkenal. Beberapa diantaranya, bahkan memiliki acara tetap di stasiun televisi. Menjadi seorang motivator bukanlah hal mudah, karena seorang motivator harus bisa meyakinkan dan merubah pola pikir lawan bicaranya. Biasanya, motivator ini akan meluruskan pola pikir yang salah mengenai suatu hal dari lawan bicaranya. Karena itulah, untuk dapat meyakinkan dan merubah pola pikir seseorang, seorang motivator haruslah membuktikan bahwa dia sukses dengan cara yang digunakannya. Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dimiliki oleh seorang motivator:
  • Membangun motivasi
Terkadang seseorang merasa kesulitan melakukan sesuatu karena tidak memiliki motivasi yang kuat dalam dirinya. Tugas seorang motivatorlah untuk dapat memunculkan motivasi pada diri peserta yang mendengarnya.
  • Mengendalikan emosi
Setiap orang pasti memiliki karakter yang berbeda. Ada yang mudah untuk merubah pola pikirnya, namun ada juga yang tetap berpegang pada pendiriannya meskipun hal itu salah. Seorang motivator yang baik haruslah mampu  untuk mengendalikan emosinya. Jangan mudah terpancing emosi menemukan lawan bicara yang sulit untuk menerima pendapat kita.
  • Menjadi pendengar yang baik dan berikan solusi
Jadilah pendengar setia, dengan begitu kita akan mengetahui hal apa yang menjadi tujuan lawan bicara kita serta hal yang sedang dihadapinya. Tawarkan solusi padanya dan ubah caranya dalam menghadapi masalah jika memang diperlukan.
  • Percaya diri
Seorang motivator harus memiliki percaya diri yang besar. Rasa percaya diri ini dapat muncul jika motivator tersebut sudah sukses menerapkan pola pikirnya dalam kehidupannya dan membuatnya menjadi orang yang berhasil. Jika seorang motivator saja masih terus mengalami kegagalan, memiliki pola pikir yang salah dan tidak percaya diri, lalu bagaimana dia bisa memotivasi orang lain? (Yv)

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.