Kesulitan saat Memproduksi Film Berdasarkan Kisah Nyata

Film masih menjadi hiburan favorit masyarakat saat ini. Hampir setiap hari bioskop selalu ramai dipenuhi oleh pengunjung. Apalagi, jika ada film terkenal yang sedang ditayangkan bioskop pasti akan semakin ramai oleh pecinta film. Melihat antusias masyarakat yang masih begitu besar, Indonesia Film Producer terus berusaha untuk memproduksi film Indonesia. Meskipun saat ini, film Indonesia masih sulit untuk dapat bersaing mengalahkan film hollywood yang ditayangkan di bioskop Indonesia, namun hal ini tidak mengurangi semangat para insan perfilman untuk terus berkaya dan menghsilkan film yang berkualitas dan dapat menarik minat pecinta film untuk menyaksikan film tersebut.

Film yang didasarkan pada kisah nyata, sering menarik minat produser untuk mengadaptasinya dalam bentuk film. Beberapa contohnya adalah film tentang biografi seseorang yang bersifat inspiratif dan dapat memotivasi banyak orang. Selain kisah mengenai biografi seseorang, pada beberapa film yang mengambil genre misteri atau horor juga sering didasarkan pada kisah nyata atau pengalaman yang pernah dialami oleh seseorang.

Film yang diambil berdasarkan pengalaman seseorang memang masih sangat di minati oleh masyarakat. Terbukti dengan kesuksesan beberapa film seperti film Habibie & Ainun serta film yang belum lama di putar, yaitu Film Merry Riana. Namun, dibalik kesuksesan tersebut sebenarnya terdapat beberapa kesulitan yang harus diatasi oleh seluruh kru saat produksi film yang berdasar pada kisah nyata, antara lain:

  • Setting lokasi
Saat memproduksi film yang didasarkan dari kisah nyata, tentunya harus memilih lokasi yang tidak jauh berbeda dengan lokasi kejadian sebenarnya. Karena itulah, pada beberapa film sering harus melakukan syuting di beberapa lokasi atau bahkan beberapa negara untuk dapat mendapatkan hasil yang sempurna dan sesuai dengan lokasi aslinya.

  • Pemilihan pemain
Saat memproduksi film biografi, khususnya jika tokohnya sudah sangat dikenal oleh masyarakat, memilih pemain merupakan hal yang tidak mudah. Banyak penonton yang mengharapkan aktor atau aktris yang memerankan tokoh tersebut memiliki kemiripan dengan tokoh yang diperankan. Sayangnya, mencari seseorang yang memiliki kemiripan dan akting yang bagus tentulah tidak mudah.

  • Suasana
Ketika film diambil berdasarkan kisah nyata yang sudah berlalu beberapa tahun yang lalu (misalnya 20 tahun yang lalu, atau lebih), menampilkan suasana yang sama persis seperti kejadian aslinya tentulah sulit. Misalnya saja, sudah terdapat berbagai perubahan pada suasana di lokasi kejadian akibat pembangunan atau hal lainnya. (Yv)

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.