Cerdas memilih Asuransi Pensiun

Persiapkan biaya hidup sedini mungkin. Itulah fakta yang seharusnya diketahui oleh kalangan anak muda dewasa ini. Salah satu caranya adalah dengan mempersiapkan pensiun sejak dini untuk menyongsong kehidupan di hari tua yang lebih baik. Tidak jauh berbeda dengan sistem asuransi konvensional, asuransi pensiun memberikan jaminan proteksi di hari tua ketika kita sudah tidak bekerja lagi. Namun, jangan salah. Dewasa ini, banyak orang yang memilih asuransi pensiun atas dasar investasi di atas dasar proteksi. Banyak masyarakat yang sudah mendaftarkan diri sebagai pengguna asuransi pensiun untuk menjadi ladang investasi baginya di hari tua. Di tengah menjamurnya banyak pilihan asuransi di pasaran, kita harus cerdas untuk memilih asuransi yang tepat untuk kita. Jangan sampai kita malah terjebak di dalam pilihan yang kita buat sendiri.
Pic : asfdiamesolavisi.gr 
  • Pilih asuransi sesuai kebutuhan. Perlu kita ketahui, jenis-jenis asuransi ada sangat banyak sekali jenisnya. Jangan mengikatkan diri dalam waktu yang lama dengan jenis asuransi yang tidak kita butuhkan karena akan sangat berisiko. Asuransi adalah program jangka panjang sehingga kita akan sangat berkomitmen di dalamnya. Membeli asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan kita akan membuat kita kecewa di kemudian hari karena ekspektasi kita tidak terpenuhi.

  • Sesuaikan dengan penghasilan. Hitunglah penghasilan kita selama perbulan dan sisakan sebagian untuk membayarkan premi setiap bulannya. Jangan mengatur budget secara pas-pasan. Kita juga harus mempertimbangkan dana darurat yang bisa dipakai sewaktu-waktu jika ada kebutuhan mendadak. Kembali lagi ke poin satu, asuransi pensiun adalah asuransi jangka panjang yang baru bisa kita petik buahnya di kemudian hari. Pertimbangkan apakah nilai premi yang akan kita bayarkan perbulannya masih sanggup kita bayarkan beberapa tahun ke depan. Buatlah rencana keuangan yang jelas dan teliti sehingga kita tidak akan terjebak.

  • Malas membaca polis dan kontrak asuransi. Ini adalah penyakit yang sering sekali ditemui pada nasabah asuransi. Padahal, program asuransi seringnya memberikan banyak sekali benefit kepada nasabah yang mau kritis dan terlibat aktif dalam program tersebut. Malas membaca polis dan kontrak hanya akan mendatangkan kekecewaan dan petaka bagi kita. Salah-salah, nanti justu kita yang terjebak di dalam lika-liku bahasa kontrak asuransi yang terkesan sulit dipahami. (Tr)

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.