Hirarki Produser dalam Produksi Sebuah Film

Ketika sebuah film dibuat, akan ada banyak sekali kru yang terlibat. Setiap kru memiliki peran yang sangat penting dan berpengaruh pada kesuksesan sebuah film. Salah satu bagian yang memiliki peran sangat penting sejak masa pra produksi sebuah film adalah produser seperti Manoj Punjabi in Indonesia. Masyarakat umumnya hanya mengetahui bahwa ada produser yang berperan dalam sebuah film, tanpa mengetahui bahwa sebenarnya produser film sendiri dapat dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan pada peran dan tanggung jawabnya.
kursi produser
  • Produser eksekutif merupakan orang yang menginvestasikan dananya untuk membiayai sebuah film. Produser eksekutif ini sudah memiliki peran sejak film masih berupa sebuah ide. Biasanya, produser eksekutif ini akan berperan hingga naskah telah jadi dan mencari sutradara untuk film yang akan diproduksi. Karena produser eksekutif berperan penting dalam penyediaan dana, maka bagian ini sering juga disebut sebagai investor dan memiliki kewenangan untuk menentukan berbagai hal yang berkaitan dengan film ini. Produser eksekutif bisa terdiri dari satu orang atau lebih.
  • Produser berperan untuk mengawasi dan mengatur semua hal sejak masa pra produksi hingga masa pasca produksi. Produser ini bahkan ikut berperan saat akan menentukan jalan cerita. Tidak jarang, ide cerita sebuah film dimulai dari produser meskipun terkadang ide ceritanya juga bisa berasala dari berbagai pihak lain. Produser ini juga memiliki peran penting untuk mengurus masalah pemasaran film ini setelah film selesai diproduksi.
  • Produser pendamping adalah orang yang memiliki hak untuk ikut menentukan beberapa hal saat produksi film, namun tidak aktif ikut terlibat dalam proses produksi. Bagian ini tidak mendapatkan bayaran langsung atas peran sertanya dalam masa produksi, namun mendapatkan bagian saham dari film yang diproduksi. Selain itu, produser eksekutif yang ikut berperan aktif selama masa produksi sebuah film juga bisa disebut sebagai produser pendamping.
  • Produser lini atau produser pelaksana memegang peran penting dalam pengawasan berkaitan dengan anggaran. Produser ini akan mengawasi seluruh kegiatan produksi film dan bertanggungjawab agar biaya proses produksi tidak melebihi anggaran yang telah ditetapkan. (Yv)

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.