Tips Merawat Aki Motor agar Awet

Sistem kelistrikan merupakan salah satu bagian terpenting pada sebuah kendaraan bermotor. Seperti halnya juga sepeda motor yang memiliki sistem kelistrikan yang sangat dipengaruhi oleh Aki motor. Aki Motor ini memiliki peran penting dalam sempurnanya sitem kelistrikan pada sebuah motor. Oleh karena itu aki motor haruslah dilakukan perawatan yang reguler agar dapat memberikan kinerja yang baik.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam merawat aki motor agar tetap awet dan berada pada kinerja terbaiknya.

Lakukan pengecekan secara visual, hal ini dapat melakukan pengecekan pada banyak air aki dan pengecekan bila terjadi keretakan atau kebocoran. Pastikan permukaan air aki tidak melebihi batas maksimal (upper) dan tidak berada dibawah garis minimal (lower), yang paling pas adalah berada pada tengah - tengah kedua garis tersebut.

Lakukan penambahan air aki bila sudah berada dibawah garis lower. Penambahan air aki dapat menggunakan air isi ulang yang botol berwarna biru.

Bila melakukan pengurasan aki dengan air aki baru, maka air aki yang digunakan adalah air aki dengan botol yang berwarna merah untuk mengganti semua air aki.

Lakukan pemeriksaan dan pembersihan pada terminal aki (positif dan negatif). Untuk membersihkan kerak pada terminal ini, cukup menggunakan air panas untuk merontokan kerak tersebut. atau dapat juga membersihkan dengan menggunakan sikat kawat atau ampelas. Setelah dibersihkan pada ujung (baut) dapat diolesi dengan menggunakan gemuk untuk mencegah terjadinya karat.

Biasakan menggunakan kick stater pada saat pagi hari atau pada awal menyalakan motor, dengan melakukan hal ini akan membuat aki menjadi lebih awet.

Bila memiliki alat pengukur tegangan (baterai tester) pastikan aki motor memiliki tegangan diantara 12 - 13 volt.

Dengan melakukan pengecekan dan perawatan setidaknya minimal 2 bulan sekali akan membuat aki menjadi lebih awet dan tetap pada kinerja terbaiknya dalam sistem kelistrikan sepeda motor.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.