Sejarah Wisata Bali di Indonesia

Mungkin kita hanya mengetahui Bali sebagai tempat wisata yang menjadi primadona bagi wisatawan lokal maupun internasional. Namun apakah kita tahu bagaimana sejarah wisata Bali hingga menjadi sangat terkenal hingga saat ini hingga mancanegara. Pada awalnya pulau Bali ditemukan oleh orang Belanda yaitu Cornellis de Houtman pada tahun 1579 , seorang ekspedisi yang berkeliling dunia untuk mencari rempah - rempah hingga berlabuh kepulau Jawa - Indonesia.

pulau bali
Dari Pulau Jawa,  Cornellis melanjutkan misinya dan berlayar terus kearah timur dan menemukan sebuah pulau yang sangat rimbun. Akhirnya mereka berlabuh di pulau Bali dan berharap menemukan rempah - rempah, namun Ia tidak menemukannya. Di pulau Bali mereka menemukan sebuah kehidupan masyarakat yang sangat unik dan belum pernah ditemukan sebelumnya selama mengelilingi dunia. Penduduk lokal menamakan pulau ini dengan nama "Bali" yang memiliki daya tarik sangat luar biasa akan keindahan alam dan budaya yang dimilikinya. Penemuan pulau Bali ini akhirnya dilaporkan kepada Raja Belanda pada saat itu.

Pada tahun 1920 wisatawan Eropa mulai mendatangi Bali setelah mereka mendengar tentang keindahan yang sangat luar biasa yang dimiliki pulau ini. Kedatangan wisatawan Eropa ini menggunakan Kapal dagang Belanda yang pergi ke Indonesia untuk mencari rempah. Para wisatawan Eropa yang datang ke Bali, menceritakan tentang keindahan Bali di Eropa dan memperkenalkannya sebagai (the Island of God).

Semakin banyaknya wisatawan Eropa yang mendatangi Bali, bahkan seniman seperti sastra, lukis, maupun seniman tari dan mereka pun menulis banyak tentang Bali. Dari para wisatawan Eropa yang mengunjungi Bali terdapat pula para seniman, baik seniman sastra, seniman lukis maupun seniman tari. Dalam kunjungan berikutnya banyak para seniman tersebut yang menulis tentang Bali. Mereka yang pernah berkunjung ke Bali menceritakan pengalamannya kepada teman - temannya di Eropa selama berada di Bali. penyebaran informasi sangat cepat menyebar dengan adanya tulisan - tulisan tentang Bali dan informasi dari mulut kemulut.

Dengan semakin banyaknya wisatawan yang datang ke Bali, maka pada tahun 1930 dibangunlah hotel pertama di Bali yang bernama Bali Hotel yang letaknya di jantung kota Denpasar, selain itu juga terdapat sebuah pesanggrahan letaknya di kawasan wisata Kintamani. Namun kunjungan ke Bali sempat menurun karena terjadinya peristiwa Perang Dunia I ( 1939 - 1941 ) dan Perang Dunia II ( 1942 - 1945 ) serta revolusi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.

Pada tahun 1956 Wisata Bali mulai dihidupkan kembali. Dimulai dengan dibangunkan Hotel Bali Beach pada tahun 1963 yang diresmikan pada November 1966. Hingga saat ini Bali telah mengalami kemajuan pariwata yang sangat pesat. Dengan semakin banyaknya pengunjung membuat Bali sebagai Pulau yag sangat sibuk dikunjungi wisatawan. Pembangunan fasilitas yang semakin meningkat, mulai dari bandar udara internasional, hotel - hotel dan banyak fasiltas lainnya yang dibangun untuk mendukung Bali sebagai tempat wisata terbaik.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.