Pilih Digital Printing atau Cetak Offset

Dalam dunia cetak mencetak, kita mengenal ada dua istilah digital printing dan cetak offset. Ya, kedua – duanya adalah sebuah teknik atau cara mencetak dengan menggunakan mesin. Mungkin diantara kita masih ada yang belum mengetahui apa perbedaan atara digital printing dengan cetak offset, atau bahkan ada yang menganggapnya sama :) . Persamaan kedua istilah itu adalah sebagai cara untuk mencetak, namun untuk jenis mesin, teknik dan hasilnya sangatlah berbeda.

Berikut ini perbedaan yang dapat kita ketahui dari digital printing dan cetak offset

Digital Printing


Digital printing adalah metode mencetak dengan metode digital, dimana data digital diprint melalui printer dengan teknologi inkjet atau laser. Untuk penggunaan digital printing ini biasanya untuk pencetakan dengan jumlah dan ukuran yang tidak terlalu besar. Namun kini telah banyak mesin cetak / printer yang mampu untuk mencetak ukuran besar seperti banner dan spanduk.

Untuk hasil dari digital printing ini memiliki kualitas yang baik dan yang terpenting proses mencetak dapat dilakukan dengan cepat, sehingga kita dapat langsung mengetahui hasil dari cetakan. Digital printing sangat cocok untuk kebutuhan akan mencetak dengan cepat.

Percetakan Offset


Jenis teknik percetakan ini sangatlah berbeda dengan digital printing. Dalam proses pengerjaannya diperlukan sebuah film dan pelat cetak yang dijadikan sebagai media untuk mengirimkan / transfer ke media cetak. Untuk cetak offsite ini biasanya digunakan untuk jumlah yang banyak karena biayanya jauh lebih murah dibanding digital printing.

Dengan percetakan offsite ini memiliki kualitas hasil warna yang lebih dan lebih tahan lama. Dapat mencetak dengan banyak media yang tidak dapat dilakukan oleh digital printing. 

Dengan demikian pemilihan menggunakan digital print atau cetak offsite dapat disesuai dengan kebutuhan. Bila mencetak tidak terlalu banyak dan membutuh waktu yang cepat, makan digital printing adalah pilihan yang tepat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.