Kenali Jenis Demam Anak

Demam adalah sebuah gejala penyakit yang sering terjadi pada anak. Mengapa gejala ? Ya, sebenarnya demam adalah sebuah gejala dimana tubuh sedang diserang sebuah penyakit yang dapat disebabkan oleh virus atau bakteri penyakit. Tubuh melakukan perlawanan terhadap virus atau bakteri ini dengan cara meningkatkan suhu panas tubuh. Pada suhu panas virus atau bakteri tidak dapat bertahan dan dapat mati.

Ada banyak jenis demam pada anak yang dapat terjadi kapan saja. Pertolongan pertama yang biasa orang tua lakukan adalah dengan memberikan obat penurun panas atau mengompres dengan Fever Patch plester penurun demam dari Rohto. Namun apakah memberikan obat penurun panas solusi yang terbaik. Hal utama yang perlu orang tua ketahui adalah mengetahui jenis demam pada anaknya.

Jenis demam anak

jenis demam anak
Berikut ini ada beberapa jenis demam yang perlu diketahui orang tua.
  • Demam yang disertakan muntah dan  diare.
Demam yang disertai muntah serta diare lebih dari 3 kali sehari mengakibatkan anak dapat banyak kehilangan cairan tubuhnya. Jenis demam ini disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran pencernaan. Segera bawa anak kedokter untuk mendapatkan pertolongan segera, karena dapat menyebabkan anak banyak kehilangan cairan tubuh dan menjadi lemas.
  • Demam plus kuduk
Demam ini disertai kaku pada bagian belakang leher anak, sehingga anak tidak mampu mengangkat lehernya. Demam ini perlu diwaspadai, karena ditakutkan terjadinya infeksi pada selapu otak. Pertolongan yang tepat adalah segera membawanya kedokter untuk mendapatkan pertolongan yang tepat.
  • Demam dan kejang
Demam yang disertai kejang ini biasanya terjadi pada anak yang berusia 6 bulan sampai 5 tahun. Kejang yang terjadi biasanya terjadi pada waktu yang singkat atau bisa juga lebih dari lima belas menit. Kejang ini dapat disebabkan karena kekurangan pasokan oksigen pada otak dan dapat beresiko kerusakan pada otak anak.

Dengan mengetahui jenis demam pada anak, orang tua dapat melakukan tindakan yang tepat. Perlunya meningkatkan daya tahan tubuh anak dengan memberikan asupan gizi yang baik dapat meningkatkan sistem imun pada anak untuk mencegah masuknya virus atau bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.