Sejarah dan Perkembangan Kartu Kredit

Kartu Kredit ? siapa yang tidak kenal akan kartu ini. Sudah banyak diantara kita yang menggunakan kartu kredit, bahkan seseorang bisa memiliki 2-3 kartu kredit yang berbeda. Namun, apakah kita mengetahui sejarah kartu kredit berawal. Kartu kredit pertama kali digunakan di Amerika pada tahun 1920 dan hanya bisa digunakan dibeberapa stasiun pengisian bahan bakar ( SPBU ) dan beberapa departemen store yang telah memiliki kerja sama dengan pihak yang mengeluarkan kartu kredit.

Sejarah Kartu Kredit


Pada tahun 1946 kartu kredit mulai diperkenalkan kepada masyarakat di Amerika. Kartu kredit ini dikeluarkan oleh salah satu bank yang ada di Amerika yaitu Flatbush National Bank of Brooklyn. Sistem kartu ini dinamakan 'Charge-It" dimana para nasabah dapat berbelanja di beberapa toko / merchant yang telah menjadi nasabah juga di bank tersebut. Nantinya pihak toko akan menagih ke bank untuk transaksi pembelian yang dilakukan pemilik kartu dengan menyertakan bukti transaksi dan nanti pemiliki kartu akan membayarkan ke bank.

Di tahun 1950 Diners Club mengeluarkan jenis kartu untuk memudahkan para penggunanya untuk makan direstoran tanpa harus membawa uang. Nantinya pihak restoran akan menagihkannya kepiha Diners Club. American Express juga mengeluarkan kartu kredit pada tahun 1958 dengan nama AMEX ( American Express ). Bank of America pun ikut mengeluarkan kartu kredit dengan dengan nama kartu Bank Americard yang kini bernama VISA. Pada tahun 1960 Bank of America kembali mengeluarkan kartu kredit dengan nama Master Card.

Masuknya kartu kredit pertama kali di Indonesia pada tahun 1980an. Bank yang pertama kali membawa kartu kredit ke Indonesia adalah Bank Duta, dimana Bank ini melakukan kerja sama dengan VISA dan Master Card Internasional. Awalnya hanya orang-orang kelas atas yang suka keluar negeri saja yang menggunakan kartu kredit ini, dimana mereka membutuhkan sebuah alat pembayaran yang yang dapat diterima di banyak negara. Tapi kini perkembangan kartu kredit di Indonesia sudah banyak dan mudah didapatkan, bahkan pihak bank yang memberikan penawaran kepada kita.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.