Nyeri Sendi dan Obat Alami Nyeri Sendi

Nyeri Sendi adalah keadaan dimana sendi terasa nyeri yang disebabkan inflamasi atau radang ringan yang disebabkan oleh pergesekan antara ujung tulang penyusun sendi. Pada lapisan ujung-ujung tulang penyusun sendi terdapat lapisan tulang Rawan Sendi yang biasa disebut kartilago. Antara tulang-tulang itu terdapat sejenis cairan yang disebut cairan sinoval yang berfungsi sebagai pelumas untuk mencegah pergesekan dan pengikisan antara ujung-unjung tulang. Keadaan kekurangan cairan sinoval membuat pergesekan antara ujung-ujung tulang yang menyebabkan rasa nyeri pada sendi.


Penyebab Nyeri Sendi

Nyeri Sendi dan Obat Alami Nyeri Sendi

Nyeri sendi dapat disebabkan beberapa hal, tetapi banyak informasi yang keliru mengenai penyebab penyakit ini. banyak orang beranggapan nyeri sendi disebabkan oleh asam urat atau rematik bahkan ada yang menganggap akibat osteoporosi. Pada usia diatas 45 tahun biasanya nyeri sendi disebabkan oleh osteoartritis ( kelainan pada tulang rawan sendi ). Beberapa faktor yang dapat menyebabkan Osteoartritis diantaranya :
  1. Umumnya terjadi pada Wanita berusia lebih dari 45 tahun
  2. Kelebihan berat badan, sehingga sendi menahan terlalu berat
  3. Aktivitas fisik yang berlebihan, seperti para olahragawan dan pekerja kasar yang mudah terkena cedera
  4. Menderita kelemahan otot paha
  5. Pernah mengalami patah tulang disekitar sendi yang tidak mendapatkan perawatan yang tepat
Nyeri sendi dapat disembuhkan atau diringankan nyerinya dengan beberapa obat alami, diantaranya:
  1. Berendam dengan air hangat, hal ini akan membantu memperlancar aliran darah dan membantu meringankan rasa nyeri sendi.
  2. Buah pisang baik untuk nyeri sendi karena kaya akan kalium dan vitamin B6 yang mampu mengurangi rasa nyeri
  3. Bawang putih, bahan aktif dari bawang putih adalah senyawa sulfur yang tidak hanya menghambat peradangan sendi tapi juga merangsang sintesis protein yang disebut kolagen.
  4. Madu terkenal kuat untuk memerangi peradangan dalam tubuh, dapat menangani rasa sakit kronis dan peradangan yang terkait dengan radang sendi
  5. kayu manis dikenal karena kemampuannya untuk menghambat peradangan dalam tubuh dengan menghilangkan radikal bebas dan racun yang menumpuk di dalam dan sekitar sendi dan meringankan rasa sakit, pembengkakan dan kekakuan pada sendi.
  6. Jus wortel sangat bermanfaat untuk memperkuat ligamen
  7. Dua sendok makan cuka apel dan dua sendok makan madu dicampur dalam 1 gelas air, campuran ini sangat membantu untuk meringankan rasa nyeri.
  8. Teripang juga memperkokoh tulang dan sendi. Kandungan kondroitin sulfat mencegah pengeroposan sendi pembuat radang.
  9. Biasakan makan makanan bergizi yang mengandung omega-3 dan vitamin dan cukup minum air putih
  10. turunkan berat badan anda bila berlebih
Periksa kedokter untuk mengetahui tentang nyeri sendi yang anda alami untuk mendapatkan informasi yang tepat. Dengan diagnosa dan perawatan yang tepat dapat membantu penyembuhan penyakit anda.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.