Data Center Indonesia

Perkembangan Data Center Indonesia bisa dibilang sangat berkembang pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya perusahaan penyedia jasa penyimpanan data center. Perkembangan ini sejalan dengan banyaknya kebutuhan usaha atau perusahaan yang menggunakan data center sebagai penunjang berlangsungnya bisnis mereka.

Pengertian Data Center


Data Center Indonesia
Data Center atau Pusat Data adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data. Fasilitas ini biasanya mencakup juga catu daya redundan atau cadangan, koneksi komunikasi data redundan, pengontrol lingkungan (mis. AC, ventilasi), pencegah bahaya kebakaran, serta piranti keamanan fisik. Dalam data Center ini selain sebagai penyimpanan data terpadu juga menjadi pusat kegiatan sekaligus sistem pembantu cadangan dari sebuah sistem komputer.

Manfaat Data Center


keberadaan fasilitas Data Center dibutuhkan oleh para mereka atau perusahaan yang memerlukan fasilitas tempat penyimpanan data untuk kelangsungan usaha/bisnis mereka. Fungsi lainnya adalah sebagai sarana penyimpan data yang yang aman, apabila terjadi hal-hal yang tidak dinginkan seperti kebakaran, bencana alam yang dapat data informasi yang penting bagi perusahaan. Oleh karena itu biasanya data center memiliki sistem keamanan yang sangat ketat seperti sistem anti kebakaran, anti bencana alam, sistem pengatur suhu dan penggunaan kamera cctv untuk keamanannya.

Dengan adanya fasilitas data center atau pusat data, para pemilik bisnis atau perusahaan dapat menjalankan bisnis terutama dalam bidang komunikasi, perdagangan elektronik atau e-commerce. Perkembangan Data center di Indonesia juga terus mengalami dalam bisah teknologi, misalnya dengan mulai adanya Green Data Center yang memiliki teknologi canggih dengan penggunaan energi yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.