Manfaat Stroberi untuk Kesehatan

Siapa yang tidak suka stroberi, rasanya yang manis dan asam menyegarkan membuat banyak orang menyukainya. Dibalik rasanya yang enak stroberi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini tips dan artikel manfaat stroberi untuk kesehatan.

1. Diet
Satu cangkir stroberi mengandung lebih dari 13% RDA serat makanan, namun hanya terdapat 43 kalori. Serat makanan dalam stroberi membantu untuk menjaga pencernaan sehat, serta menurunkan tekanan darah dan meredam nafsu makan yang terlalu besar.

2. antioksidan
Stroberi mengandung senyawa kimia yang disebut fenol. Antosianin, sebuah fenol yang ditemukan banyak dalam stroberi, yang membuat warna merah pada buah. Makanan kaya antosianin dapat meningkatkan asam urat pada tubuh dan berfungsi sebagai zat antioksidan.

3. Anti inflamasi / Peradangan
Fenol dalam stroberi juga melawan gangguan inflamasi, seperti osteoarthritis, asma dan aterosklerosis, dengan menghambat enzim siklooksigenase (COX) seperti fungsi obat aspirin dan ibuprofen. Namun stroberi tidak memiliki efek samping yang disebabkan oleh obat.

4. Anti Kanker
Kombinasi dari antioksidan dan anti-inflamasi yang ditemukan dalam stroberi terkenal untuk melawan timbulnya berbagai bentuk kanker. Berkat vitamin C, folat, dan flavonoid kuersetin dan kaempferol yang terdapat pada stroberi melawan sel-sel yang berpotensi kanker.

5. Kesehatan Mata
The Archives of Ophthalmology baru ini menerbitkan sebuah studi di mana tiga atau lebih porsi stroberi per hari dapat mengurangi kemungkinan degenerasi makula ( penurunan ketajaman mata ).

6. Sumber Vitamin C
Satu gelas stroberi mengandung 136% RDA vitamin C, antioksidan yang efektif yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, memastikan sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan menangkal perkembangan penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

7. Sumber Mangan
Satu gelas stroberi mengandung 21% mangan, nutrisi penting yang bertindak sebagai antioksidan kuat dan anti-inflamasi. Dengan meningkatkan tingkat superoxide dismutase (SOD), enzim yang bertanggung jawab untuk melindungi mitochonrdria terkena oksigen, mangan tidak hanya membantu untuk melawan radikal bebas dan tekanan oksidatif, tetapi juga mengurangi inflamasi selular - penyebab lain dari penyakit jantung.

8. Kesehatan tulang
Mangan juga bagus untuk tulang, membantu dalam membangun tulang dan mempertahankan struktur tulang. Kalium, vitamin K, dan magnesium dalam stroberi juga penting untuk kesehatan tulang.

Itulah beberapa manfaat stroberi bagi kesehatan, dibalik rasanya yang lezat ternyata banyak juga manfaat yang bisa kita dapatkan. -db-

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.