Manfaat Bir Untuk Kesehatan

Diluar dari halal dan haramnya minuman beralkohol salah satunya minuman bir, Ternyata bir memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Banyak orang yang menganggap bir sebagai minuman yang menyebabkan mabuk, namun apabila dikonsumsi menurut aturan dan jumlah ternyata bir memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini tips dan artikel manfaat bir untuk kesehatan.

1. Mengurangi resiko penyakit jantung.
Menurut beberapa penelitian, minum bir dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Alasan sederhana : alkohol dapat meningkatkan HDL atau kolesterol baik dan mengurangi pengerasan arteri darah.

2. Vitamin B6
Menurut penelitian di Belanda yang dilakukan oleh TNO Nutrition and FOOD Research Institute, peminum bir memiliki 30% Vit B6 lebih tinggi dibanding non peminum bir.

3. Menghindari Batu Ginjal
Menurut penelitian American Journal of Epidemiology, resiko batu ginjal menurun 40% pada pria paruh baya yang meminum bir dibanding non peminum bir. Namun peliti belum dapat menentukan kandaungan mana yang dapat menyebabkan hal tersebut.

4. Membantu Usia Wanita Lebih Lama
Sebuah penelitian di Harvard, yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, menunjukkan konsumsi alkohol cukup membantu dalam melestarikan kemampuan mental wanita yang lebih tua, sementara penelitian Tufts University menyimpulkan alkohol dapat membantu melestarikan kepadatan tulang, masalah kesehatan yang sering untuk wanita penuaan. Selain itu, beberapa bioflavonoid yang ditemukan di hops (bahan utama dalam bir) memiliki sifat yang sama seperti estrogen, yang dapat berfungsi sebagai bentuk alami dari terapi hormon pengganti pada wanita pasca-menopause.

5. Mencegah Kanker
Sementara ini penelitian baru mulai mengeksplorasi untuk melawan kanker dengan kandungan yang ada dalam bir, penelitian awal menunjukkan xanthohumol, senyawa yang ditemukan di hop, dapat membantu menghambat enzim tertentu yang dapat memicu kanker dan membantu tubuh dalam menghentikan karsinogen ( penyebab kanker ). Senyawa ini saat ini sedang diuji dengan harapan menciptakan pengobatan pencegahan untuk prostat dan kanker usus besar.

Itu beberapa manfaat bir bagi kesehatan. Namun itu semua kembali pada diri pribadi dalam menggunakannya. Apabila digunakan sesuai dengan kebutuhan dan porsi maka akan bermanfaat untuk kesehatan. -db-

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.