Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan - Jambu biji merupakan salah satu buah tropis yang kaya akan gizi. Buah yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki nama ilmiah psidium guajava. Jambu biji memiliki rasa yang manis, aroma menggoda dan menyegarkan membuat buah ini banyak disukai oleh kita terutama jambu merah biji.
Manfaat Jambu Biji Merah
pic: Ist
Jambu biji merah memiliki banyak banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan Vit C, A, B kompleks, serat dan banyak mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini Tips dan Artikel manfaat jambu biji untuk kesehatan.

1. Jambu biji rendah  akan kalori dan lemak namun mengandung vitamin penting diantaranya, mineral, dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid yang berperan penting dalam pencegahan kanker, anti-penuaan, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Buah ini sangat kaya sumber serat larut (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari DRA), yang baik untuk memperlancar pencernaan. Serat membantu melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi efek buruk racun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

3. Jambu biji adalah sumber antioksidan dan vitamin C, menyediakan lebih dari tiga kali dari kebutuhan asupan harian. Kulit Luar jambu biji mengandung tinggi vitamin C daripada bagian tengahnnya.

4. jambu biji kaya akan astringent yang bersifat alkali dan memiliki manfaat sebagai desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan diare atau disentri yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba. Lebih lanjut, nutrisi lain dalam jambu biji, seperti vitamin C, karotenoid dan kalium memperkuat dan meremajakan sistem pencernaan.

5. Vitamin B pada jambu biji memainkan peran penting dalam kesehatan fungsi otak. Jambu biji kaya akan vitamin B3 dan B6. Vitamin B3,dikenal juga sebagai niasin yang berfungsi merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah, dan vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, adalah nutrisi penting untuk otak dan fungsi saraf.

6. Studi ilmiah menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C secara rutin membantu tubuh menjadi lebih kuat melawan infeksi, penyebab kanker serta radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh.

7. Buah jambu biji merupakan sumber Vitamin-A dan flavonoid seperti beta-karoten, likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa yang diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan. vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir tetap sehat dan untuk kulit. Konsumsi buah-buahan alami kaya akan karoten dikenal untuk melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.

8. Studi menunjukkan bahwa likopen dalam jambu biji muda dapat mencegah kerusakan kulit dari efek sinar UV dan memberikan perlindungan dari kanker prostat.

9. Jambu biji segar sangat kaya akan kalium, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan pisang per 100 g berat buah. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

10. Jambu biji juga merupakan sumber vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, niasin, vitamin B6 (pyridoxine), vitamin E dan K, dan mineral seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai faktor rekan untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga dibutuhkan dalam produksi sel darah merah.

11. Walaupun belum ada penelitian yang pasti mengenai manfaat jambu merah biji untuk mengobati demam berdarah ( DBD ), namun banyak yang mempercayai jambu biji merah dapat meningkatkan trombosit darah pada penderitan demam berdarah. kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada jambu biji merah dapat membantu mempercepat proses penyembuahn pada oarang ya sakit tanpa menyebabkan efek samping.

Sangat banyak manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan, disamping mudah didapatkan dimana saja dan tentu saja harganya yang murah. Buah jambu biji merah dapat dikonsumsi secara langsung, atau yang paling banyak dijadikan jus jambu biji merah. -dboen-

{ 16 comments... read them below or add one }

chininta mengatakan...

tiap hari aku minum 1 gelas juice buah jambu merah.. bagus bgd bwt kulit dan kekebalan tubuh.. try it guys...

Pemilik Blog mengatakan...

thanks infonya :)

Bagi Ilmu mengatakan...

buat pengobatan dbd nya emang benar begitu konsumsi jus jambu merah emang tambah segar,ada lagi di tambah sari pati beras merah,tambah cepat naik trombositnya,cz saya sudah pernah mengalaminya,waktu itu opname kena DBD,tiap hari jus jambu biji dan air rebusan beras merah..ntar sy posting deh artikelnya di blog sy,tapi masih sibuk ni...hehehe,sibuk online maksudnya...hehehe

shinobiapuy@blogspot.com mengatakan...

muantabs tips nya..

m sofwan duni mengatakan...

makasih atas informasinya

Anonim mengatakan...

betul betullll banget..alhamdulillah anak aq yg msh bayi kena disentri(bab ada darah n lendirnya) trus aq minum jus jambu biji ini dah makan daunnya yg msh muda aq kunyah lgsg trus aq ksh lwt ASI ke anak aq, 3hr disentrix dah berhenti.alhamdulillah bgt Tuhan ciptain buah ini utk kepentingan manusia.

Androva PutraRizal mengatakan...

ane baru taw kalau jambu biji ne banyak manfaatx, makasi ea informasix. sukses slalu!

pak tengku tengku mengatakan...

kita jangan remeh dengan buah buah lokal,buktinya salah satu buah jambu biji begitu besar mamfaatnya.mari mamfaatkan buah buahan lokal yang besar mamfaatnya bagi tubuh kita....

Aziz mengatakan...

Menarik manfaat jambu biji ini bisa untuk mencegah kanker prostat. makasih infonya.

Pena Daun mengatakan...

Yang aku tau sih manfaatnya buat DBD cukup ampuh.
Bukan aku yang buktiin, tapi dulu adikku kena DBD terus dikasih jus jambu biji, alhamdulillah sehat kembali

Fuadi mengatakan...

terima kasih infonya gan. sangat bermanfaat. salam

Akhmad S mengatakan...

Thanks Yaa Infonyaa....

Anonim mengatakan...

sangat bermafaat.... THX info sharingnya

Tamee Putu mengatakan...

makasi infonya gann

Anonim mengatakan...

makasih gan,gue baru panen jambu biji

Anjasmara mengatakan...

Mantap

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.