Menyiasati Kebijakan Ganjil-Genap Jakarta

Kebijakan ganjil-genap sudah diberlakukan selama beberapa bulan belakangan. Lantas, apa yang Anda rasakan? Masih merasa belum terbiasa dan kesal bukan main? Ya, hal itu memang bisa dimengerti. Sebab, bagi Anda yang terbiasa mengendarai mobil mitsubishi strada triton untuk mencapai kantor yang berada di bilangan Sudirman, kebijakan ganjil-genap ini memang seolah bermain-main dengan emosi Anda.

Akan tetapi, bukan berarti Anda bisa selamanya merasa kesal dengan kebijakan ini. Sebetulnya, kebijakan ganjil-genap memang sengaja diberlakukan untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di jalan-jalan ibukota. Diharapkan, dengan ‘memisahkan’ mobil-mobil berdasarkan plat nomor dan tanggal, jumlah kendaraan yang melintas bisa berkurang sepenuhnya. Ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyiasati kebijakan tersebut:
  1. Cari alternatif jalan lain. Jika plat nomor mobil Anda genap dan ingin berangkat bekerja pada tanggal ganjil, sebaiknya langsung hindari jalan utama untuk meminimalisir kemungkinan diberhentikan oleh polisi. Ada banyak jalan kecil yang bisa dimanfaatkan untuk mengakses jalan Sudirman dan sekitarnya. Manfaatkan waze atau Google Maps untuk mencari tahu. Memang, jalan kecil ini cukup padat pada jam-jam tertentu, tapi setidaknya Anda masih tetap dapat mengendarai mobil Anda meski tanggal hari itu tidak sesuai dengan plat nomor Anda.
  2. Berangkat lebih pagi, pulang lebih malam. Ini dia tips yang sering dimanfaatkan oleh para pengguna mobil yang tidak melintas pada jam-jam tertentu. Setiap harinya, kebijakan ganjil-genap diberlakukan pada jam 7-10 pagi dan jam 4-8 malam. Biasanya, para pemilik mobil yang tidak boleh melintas pada hari itu akan berangkat lebih pagi dari biasanya, sehingga masih bisa melalui jalan utama dan tiba sebelum pukul 7 pagi. Untuk jam pulang, mereka pun akan menunggu hingga jam 8 malam lewat untuk kembali pulang ke rumah.
  3. Membuat kesepakatan dengan kerabat lain yang memiliki nomor plat berbeda dengan Anda. Plat nomor Anda ganjil dan kerabat Anda yang rumahnya searah memiliki plat nomor genap. Nah, agar Anda berdua sama-sama diuntungkan, mengapa tidak buat kesepakatan dengannya? Jadi, jika tanggal hari itu ganjil, maka Anda yang akan membawa mobil dan kerabat Anda bisa menumpang di mobil Anda. Dan jika tanggal genap, gantian Anda yang menumpang di mobil kerabat Anda. Menguntungkan, bukan? Jadi, setiap hari Anda tetap bisa melewati jalan utama.

Tiga hal itu bisa Anda manfaatkan untuk menyiasati kebijakan ganjil-genap. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan transportasi umum jika Anda tidak ingin memutar dan mencari jalan lain. Dengan menggunakan transportasi umum, Anda tidak perlu lelah menyetir dan bisa tidur sepanjang perjalanan. Semoga membantu, ya!

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.