Jangan Konsumsi ini Dengan Perut Kosong

Rutinitas yang dilakukan setiap orang dalam menyambut pagi pastinya berbeda-beda. Ada yang memulai pagi dengan membaca koran, ada yang melaluinya dengan mengecek email, dan ada pula yang melaluinya dengan tenang sambil menikmati air hangat yang keluar dari water heater. Namun demikian, meski aktivitas yang dilakukan berbeda-beda, tampaknya ada satu hal yang jarang terlewatkan oleh setiap orang, yaitu sarapan.
Para peneliti telah menyimpulkan bahwa sarapan merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan jika Anda ingin menjalani hari yang produktif. Sarapan mencegah Anda dari kemungkinan moodswing dan perasaan kesal karena lapar. Sarapan pun membuat akan fokus pada satu hal dan membuat Anda lebih mudah dalam mengerjakan semua tugas. Singkat kata, sarapan merupakan hal yang cukup krusial jika dilewatkan. Tidak hanya sarapan yang harus diperhatikan, tetapi juga makanan yang masuk ke perut Anda ketika sarapan. Sebab, ternyata makanan yang Anda konsumsi bisa menimbulkan efek tertentu jika tidak diperhatikan dengan seksama.
  1. Pisang. Bagi Anda yang senang mengonsumsi pisang di pagi hari dengan perut kosong, sebaiknya Anda harus mulai menghentikan kebiasaan tersebut. Sebab, mengonsumsi pisang saat perut kosong ternyata mampu mengganggu keseimbangan magnesium dan kalsium dalam darah. Hal ini bisa mengganggu aktivitas harian Anda dan tidak bagus untuk kesehatan. Jika ingin tetap mengonsumsi pisang, cobalah untuk mengkreasikannya menjadi menu lain yang sama sekali baru. Seperti muffin pisang, misalnya.
  2. Buah yang asam. Rasa jeruk atau bahkan mangga muda yang masih terasa asam terkadang memang menyegarkan. Namun, sebaiknya jangan pernah untuk memakan buah-buahan tersebut saat Anda dalam keadaan lapar atau belum memakan apapun. Pasalnya, kadar keasaman dari buah-buahan tersebut bisa membuat perut Anda sakit dan melilit. Dikhawatirkan senyawa yang dihasilkan akan bereaksi dengan asam lambung dan membuat Anda mual.
  3. Kopi. Meski banyak orang yang menjadikan kopi sebagai pembuka hari, sebetulnya kopi mengandung senyawa yang membuat perut terasa kenyang meski belum menyantap apa pun. Hal ini terjadi karena kandungan kafein yang ada di dalam kopi menghasilkan gas yang memenuhi perut. Untuk itu, sebaiknya minumlah kopi sebagai penutup sarapan Anda.
  4. Makanan pedas. Nah, ini dia nih yang menjadi favorit para perempuan: mengonsumsi makanan pedas! Rasanya ada yang aneh jika makan tanpa ada rasa pedas. Oleh sebab itu, tidak jarang para perempuan menuangkan sambal banyak-banyak ke dalam makanan mereka bahkan untuk menu sarapan sekalipun. Bubur ayam pedas, mi ayam pedas, hingga nasi uduk berlumur sambal. Hmm, sebaiknya dipikir-pikir lagi deh jika ingin mengonsumsi sambal di pagi hari! Sebab, senyawa pedas dalam cabai bisa bercampur dengan asam lambung loh. Hal ini tentunya akan membahayakan untuk kondisi Anda setiap harinya.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.