Berkenalan Dengan Asuransi Unit Link

Jika dulu Anda mengenal asuransi dwiguna, mungkin sekarang sudah saatnya Anda mengenal asuransi unit link. Asuransi unit link merupakan asuransi nontradisional yang berjalan dengan men-cover dua kebutuhan besar Anda di masa depan, yaitu proteksi dan investasi. Secara sederhana, asuransi unit link adalah asuransi yang memberikan perlindungan untuk saat ini dan di masa depan. Premi yang Anda bayarkan perbulannya akan dimasukkan ke dalam pos-pos tersendiri: untuk asuransi jiwa dan untuk investasi dalam bentuk reksadana. Reksadana sendiri terbagi menjadi beraneka macam mulai dari reksadana saham, reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap, hingga pasar uang. Oleh sebab itu, asuransi unit link erat kaitannya dengan pasar modal.Ketika pasar modal mengalami penurunan, maka secara tidak langsung nilai unit link juga akan menurun.

Jenis asuransi unit link merupakan asuransi yang cukup sulit untuk dipahami sebab prosesnya cukup rumit. Ada beberapa jenis tawaran asuransi yang didasarkan dengan seberapa besar premi yang Anda bayarkan perbulannya. Asuransi ini tergolong populer, sebab seperti yang sudah dipaparkan di atas, memungkinkan Anda untuk mendapatkan proteksi dan investasi secara bersamaan. Manfaat proteksi bisa Anda gunakan untuk melindungi jiwa anak dan keluarga, sementara manfaat investasi bisa dirasakan ketika Anda butuh dana untuk membayar dana pendidikan atau bahkan dana pensiun. Yang menggoda nasabah adalah nilai potensi return yang besar karena melibatkan saham, obligasi, dan deposito. Patut diketahui, seluruh risiko terkait nilai return ditanggung oleh nasabah secara pribadi.

Nilai plus dari mengikuti asuransi unit link adalah Anda 'dipaksa' untuk menabung setiap bulannya karena sebagian dari premi yang Anda bayarkan masuk ke dalam pos investasi. Namun, jika Anda memutuskan untu bergabung dalam unit link, pastikan untuk selalu mempelajari produk dengan sebaik-baiknya karena uang yang akan Anda keluarkan cukup besar. Merencanakan jenis asuransi unik link yang sesuai dengan kondisi keuangan saat ini adalah tindakan yang bijaksana. Jangan sampai karena Anda tidak paham produk asuransi yang Anda ikuti, Anda justru mengalami kerugian dan kekecewaan. Terakhir, jangan lupa untuk menghitung besaran dana asuransi yang perlu Anda bayarkan perbulannya. (Tr)

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.