Mengenal Festival Film di Indonesia

Festival film adalah ajang untuk para sineas memamerkan karya terbaru mereka, dan selalu menjadi sorotan media dan peminat film setiap tahunnya. Film box office Indonesia seperti The Raid dan Killers juga seringkali debut di festival film luar negeri sebelum rilis dan meledak di layar bioskop Indonesia. Seperti negara lain yang memiliki festival film besar seperti Sundance, Venice, dan Cannes, Indonesia juga memiliki festival film untuk ajang unjuk gigi para sineas lokal. Beberapa festival film yang diselenggarakan di Indonesia yang paling terkenal adalah Festival Film Indonesia, JIFFest, dan Balinale, juga dikenal sebagai Bali International Film Festival.

Festival Film Indonesia adalah festival film tertua di Indonesia, yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 1955 dan kemudian mulai diselenggarakan secara rutin pada tahun 1973. FFI juga menjadi ajang penghargaan bagi insan perfilman Indonesia, dengan pemberian Piala Citra untuk film-film bioskop dan Piala Vidia untuk film yang tayang di televisi. Mirip seperti Academy Awards di luar negeri, Piala Citra diberikan untuk pencapaian di dunia film Indonesia seperti Film Terbaik, Penyutraan Terbaik, Pemeran Utama dan Pendukung terbaik baik Pria maupun Wanita, Skenario Terbaik, dan kategori-kategori lain.

Salah satu festival film Indonesia yang bertaraf internasional adalah Jakarta International Film Festival (JIFFest), yang pertama diselenggarakan pada tahun 1999. Setelah absen pada tahun 2011 dan 2012, JIFFest kembali tahun lalu dengan format yang baru. Pada JIFFest 2014, di samping pemutaran film di bioskop seperti biasa, mereka menyelenggarakan pop-up cinema atau bioskop dadakan di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, dan open air cinema atau bioskop terbuka di Lapangan Banteng.

Balinale atau Bali International Film Festival pertama diselenggarakan pada tahun 2007 oleh Bali Taksu Indonesia Foundation. Balinale adalah ajang untuk pembuat film lokal unjuk gigi memperlihatkan hasil karya mereka dan juga memutar film-film fiksi, dokumenter, dan film pendek dari seluruh dunia.

Ini hanya beberapa dari banyak sekali acara festival film di Indonesia. Melihat animo masyarakat mengenai festival film ini cukup besar, dapat diambil kesimpulan bahwa masyarakat Indonesia sebenarnya banyak yang peduli kepada perfilman Indonesia.  (Dana)

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.