Tips Memilih Mainan Aman untuk Anak

Banyak Mainan Anak yang ada diluar sana. Mainan Anak dapat dengan mudah kita dapatkan dari toko khusus mainan sampai mainan anak yang dijajakan dipinggir jalan. Mainan seharusnya menjadi sesuatu yang menyenangkan dan menjadi bagian penting dalam perkembangan anak. Namun sayangnya ada saja anak yang dibawa kerumah sakit akibat dari mainannya. Tersedaknya anak terutama pada anak dibawah 3 tahun karena mereka suka memasukkan mainan kedalam mulutnya merupakan hal yang sering terjadi.

Produsen mainan selalu menyertakan petunjuk dan label untuk setiap jenis mainannya. Seperti pembagian jenis mainan berdasarkan usia dan perkembangan anak. Namun hal yang paling penting disini adalah peran orang tua yang selalu mengawasi anak dalam bermain dengan mainannya.

Sebuah lembaga konsumen di USA Consumer Product Safety Commission (CPSC) sangat ketat dalam peraturan dan memonitor terhadap mainan anak yang ada. Semua mainan baik yang diproduksi di USA maupun import harus memiliki standarisasi yang telah ditentukan oleh CPSC.

Berikut ini beberapa tips untuk memilih mainan anak yang aman.
  • Pilihlah mainan yang memiliki daya tahan terhadap api atau tidak mudah terbakar.
  • Mainan harus dapat dicuci dan dibersihkan.
  • Cat yang digunakan untuk mainan harus dipastikan memiliki label aman untuk anak.
  • Semua bahan yang digunakan untuk membuat mainan haruslah bebas dari segala jenis racun yang berbahaya.
  • Untuk mainan yang mengeluarkan suara, pastikan suaranya tidak terlalu besar yang dapat mengganggu dan merusak pendengaran si kecil.
  • di USA, crayon dan jenis cat air lainnya haruslah memiliki label ASTM D-4236 di kemasannya. Hal ini berarti telah melalui testing dan uji material terhadap produk tersebut.

Itulah beberapa tips untuk memilih mainan yang aman untuk anak, semoga bermanfaat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.