Pemanas Air atau Water Heater

Pemanas Air atau Water Heater kini menjadi salah satu kebutuhan rumah yang menginginkan fasilitas air panas untuk kebutuhan mandi. Ada banyak jenis yang pemanas air yang dapat kita pilih seperti pemanas air tenaga surya/matahari, pemanas air tenaga listrik dan pemanas air tenaga gas. Kita dapat memilih salah satunya sebagai fasilitas rumah tangga tergantung kebutuhan yang diinginkan. Berikut ini Jenis Pemanas Air yang ada saat ini.

pemanas air

Pemanas air tenaga surya

Pemanas air tenaga surya atau biasa disebut solar water heater menggunakan tenaga surya atau matahari untuk memanaskan air. Jenis pemanas ini biasanya membutuhkan penampung / Storage Water heater yang berfungsi sebagai penyimpan persediaan air panas dan menjaga keadaannya tetap panas sehingga dapat digunakan kapan saja tetapi terbatas dengan kapasitas besarnya penampung yang tersedia.

Pemanas air tenaga listrik

Pemanas air tenaga listrik menggunakan tenaga listrik untuk menghasilkan air panas. Biasanya membutuhkan daya listrik yang lumayan besar, apabila listrik dirumah anda tidak mencukupi maka anda harus menambah daya listriknya. Hal yang harus diperhatikan adalah biaya listrik yang digunakan cukup besar. Penggunaan air panas dengan menggunakan pemanas ini dapat anda nikmati kapan saja selama tersedia fasilitas listrik.

Pemanas air tenaga gas

Jenis pemanas air ini menggunakan tenaga gas sebagai pembakaran yang berfungsi untuk memanaskan air. Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan pemanas air tipe ini, dimana anda harus melakukan maintenance untuk penggantian tabung, perawatan pipa saluran gas dan saluran sisa pembakaran. Saluran sisa pembakaran harus diperhatikan karena hasil pembakaran yang terjadi menghasilkan karbondiaksida yang berbahaya, jadi harus dibuang agar tidak menggangu kesehatan. Dengan pemanas jenis ini dapat menggunakan air panas kapan saja dan tidak terbatas selama tersedia gas untuk melakukan pembakaran.

Pemanas Air Penukar Panas AC

Pemanas Air Penukar Panas AC (Heat Exchanger Water Heater) menggunakan udara panas yang dikeluarkan compressor AC. Jenis pemanas ini tidak ada yang menjual karena harus merakitnya sendiri dan belum banyak teknisi yang dapat mengerjakannya.

Dari keempat jenis pemanas air diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan fasilitas pemanas air ini dapat menikmati fasilitas air panas dirumah untuk mandi atau berendam air panas tanpa perlu repot-repot untuk membuat air panas, tinggal membuka keran air panas dan anda siap menikmatinya.Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.