Menghitung Untung Rugi Investasi Saham Berjangka

Sebagai bagian dari perencanaan keuangan masa depan, produk investasi saham berjangka semakin seksi di mata masyarakat. Apakah Anda juga salah satu dari mereka yang tertarik untuk menginvestasikan sejumlah uang untuk membeli saham berjangka? Jika ya, sebaiknya Anda mengetahui dulu untung ruginya melakukan investasi berjangka.

Investasi Bagian dari Perencanaan Keuangan Masa Depan
Investasi Bagian dari Perencanaan Keuangan Masa Depan

Memang dibandingkan dengan model dan produk investasi lainnya, investasi berjangka atau yang sering disebut dengan futures ini lebih menarik. Hal ini bisa dilihat dari animo masyarakat yang sangat tinggi. Saat ini, semakin banyak masyarakat yang terbuka dan akhirnya tahu keuntungan melakukan investasi saham berjangka. Apalagi semakin banyak perusahaan futures resmi yang ada di Indonesia. Itu artinya trend investasi berjangka di Indonesia ini mengalami tren positif.

Keuntungan Berinvestasi Saham Berjangka


Bagi Anda yang ingin mendapatkan passive income, tidak salah jika Anda melakukan investasi berjangka. Pasalnya, dengan model dan produk investasi yang satu ini, Anda bisa mengeluarkan modal yang sangat sedikit namun kemungkinan mendapatkan profit yang sangat tinggi.

Investasi Saham Berjangka
Investasi Saham Berjangka

Pada produk investasi berjangka ini, ada satu istilah yang harus Anda pahami,  yaitu margin. Itu artinya jarak atau rentang. Namun, sebenarnya margin ini lebih tepat disebut dengan “hutang”. Anda akan mendapatkan “hutang” dari perusahaan. Contoh sederhananya seperti ini. Jika Anda menanamkan uang sebagai modal investasi berjumlah $100, ada margin tertentu di mana Anda bisa mendapatkankan modal untuk trading di atas $100. 

Biasanya, di dalam investasi saham berjangka, margin yang ditetapkan bisa hingga 10 kali lipat. Itu artinya Anda bisa melakukan trading dengan uang $1.000. Jadi, Anda mendapatkan hutang untuk melakukan trading dengan jumlah yang lebih besar, bukan? Itu artinya ada kemungkinan Anda akan mendapatkan profit yang lebih banyak.

Kelemahan Investasi Berjangka 


Selain keuntungan, ada juga kerugian atau kelemahan dalam melakukan investasi berjangka ini, yaitu adanya leverage yang tinggi. Di samping ada margin yang tinggi, ada juga leverage yang tinggi. Itu artinya ada juga kemungkinan Anda mengalami loss atau rugi yang sangat banyak.

Jadi, produk investasi berjangka ini tidak ubahnya seperti orang berbisnis. Semakin bagus Anda menekan resiko rugi, maka semakin tinggi pula peluang Anda mendapatkan untung. Jadi, diperlukan pengetahuan yang cukup bagi Anda sebelum benar-benar melakukan investasi saham berjangka. Temukan info seputar perencanaan keuangan dan produk investasi di Duitologi.com yang akan berikan referensi untuk membantu Anda dalam membuat keputusan keuangan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.