Cegah Kebakaran Dengan Beberapa Cara Ini

Kebakaran merupakan salah satu bencana yang sangat ditakuti. Sebab, bisa menyebabkan seseorang yang mengalaminya mendapatkan kerugian dalam jumlah yang tidak sedikit. Tidak hanya itu saja, jika kerugian yang dialami hanya berupa materi, maka masalah ini dapat terselesaikan dengan menggunakan asuransi kebakaran. Namun, jika sudah melibatkan korban jiwa, maka hal ini tidak akan terselesaikan oleh asuransi ataupun apapun.

Yap, meskipun tidak selalu, namun kebakaran sering kali menimbulkan korban jiwa. Ada yang meninggal karena tidak mampu keluar dari ruangan, tertimpa reruntuhan, atau terlalu banyak menghirup asap. Namun, apapun alasannya tetap saja pasti tidak ada yang mau menjadi korban keganasan si jago merah. 

Untuk itulah, mengetahui beberapa cara mencegah terjadinya kebakaran ini menjadi hal penting untuk diketahui:

Simpan alat pemadam api
Anda tentunya tidak akan pernah tahu kapan bencana ini akan datang menimpa Anda. Sebab itulah, menyimpan alat pemadam api dirumah menjadi hal penting yang harus dilakukan. Tidak perlu banyak-banyak, cukup satu saja. Akan tetapi, letakkanlah alat tersebut ditempat yang mudah terjangkau orang dewasa (jangan anak-anak), dan dilokasi yang paling berisiko menjadi pnyebab kebakaran. Misalnya saja, seperti dapur. Tidak hanya memiliki alat ini saja yang penting, semua anggota keluarga yang sudah cukup umur ada baiknya jika mengetahui juga bagaimana cara menggunakannya. Sebab, percuma saja kan kalau sudah punya alat ini tapi tidak bisa menggunakannya.

Waspada saat menyalakan api
Meskipun api berbahaya, namun juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Sebab itulah tidak mungkin jika kamu menghindarinya dalam kehidupan. Lagipula, jika kamu lebih waspada sebenarnya api ini juga termasuk aman kok. Misalnya, saat kamu menyalakan lilin sebagai sumber penerangan ketika mati listrik, maka jauhkan lilin tersebut dari semua benda mudah terbakar. Misalnya, kertas, plastik, kain dan beberapa benda lainnya.  Apalagi, ketika lilin tersebut kamu biarkan menyala semalaman, maka kamu harus lebih waspada lagi saat mencari tempat menyimpannya.

Ketahuilah cara memadamkan api
Ketika berbicara tentang api dan cara memadamkannya, pasti kamu akan langsung berpikir tentang air. Memang, hal tersebut tidak salah. Akan tetapi, untuk kebakaran yang disebabkan oleh beberapa hal, terkadang menyiramnya dengan air tidak menyelesaikan masalah loh. Misalnya kebakaran akibat korsleting listrik, menyiramnya langsung dengan air justru dapat menyebabkan korsleting semakin parah. Sebaiknya, matikan terlebih dahulu aliran listrik, barulah mematikan api yang menyala (jika api belum terlalu besar).

Beberapa cara tersebut hanya bisa dilakukan jika Anda berada di rumah saat tanda kebakaran dimulai. Artinya, jika Anda tidak berada di rumah, cara mencegah kebakaran saat bepergian adalah hal yang paling tepat untuk dilakukan. (Vita)

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.