Memajukan Kota, Memajukan Negara dengan Internet

Globalisasi semakin hari semakin terasa efeknya. Budaya, Bahasa, ilmu pengetahuan, hingga teknologi terus-menerus meningkat kualitasnya dan semakin merata penyebarannya. Dari semua kemajuan yang dibawa globalisasi, salah satu yang paling dirasa manfaatnya adalah kemajuan teknologi informasi, lebih spesifiknya yaitu Internet. Sekarang internet telah dapat digunakan hampir di seluruh belahan dunia, Indonesia juga tidak terkecuali. Karena itulah, koneksi internet lambat pada smartphone menjadi masalah yang dianggap besar bagi para user internet. Dari banyak kota di Indonesia yang memiliki akses internet, Internet Surabaya merupakan salah satu kota yang telah memanfaatkan akses internet se-optimal mungkin. 

Surabaya, yang merupakan ibukota provinsi Jawa Timur memiliki perkembangan teknologi yang pesat, dan bahkan merupakan salah satu yang memiliki kemajuan diantara kota-kota besar Indonesia. Di bidang pendidikan, e-learning telah diterapkan banyak sekolah berbagai tingkat di Surabaya, sementara bidang budaya telah diperluas dibantu dengan internet, bidang bisnis juga tidak ketinggalan dengan semakin meningkatnya kegiatan jual-beli online. Meski begitu, di antara tiga bidang di atas dan bidang-bidang lainnya yang tidak tersebut, bidang bisnis merupakan bidang yang paling merasakan kemajuan teknologi.

Menurut presdir IBM Indonesia, Surabaya memiliki perkembangan teknologi yang stabil dan relatif cepat, dan bahkan memiliki potensi untuk bersaing dengan kota-kota besar lainnya seperti Jakarta dan Bandung. Kemajuan ini dapat terjadi berkat bantuan pemerintah yang terus mendukung dengan banyak hal, seperti mengaplikasikan teknologi pada berbagai sektor pemerintahan, mengadakan acara-acara dan seminar-seminar bertemakan teknologi, dan banyak hal lainnya, tidak sedikit juga perusahaan-perusahaan swasta yang telah berperan dalam kemajuan teknologi dengan berbagai macam, salah satunya adalah dengan berinvestasi dan meningkatkan semangat bisnis pengusaha-pengusaha kecil. Masyarakat dan mahasiswa juga tidak dapat dipungkiri perannya, mengingat banyaknya inovasi yang telah lahir dari masyarakat dan mahasiswa.

Kemajuan-kemajuan ini meski awalnya hanya akan dirasakan oleh masyarakat Surabaya saja, namun segala kemajuan akan terus menyebar hingga dapat dinikmati oleh seluruh warga Indonesia, dan pada akhirnya, seluruh warga dunia. (RR)

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.