Tips Perawatan AC Agar Awet

AC atau Air Conditioner Indonesia sekarang menjadi barang kebutuhan yang penting bagi masyarakat yang tinggal didaerah perkotaan atau daerah yang beriklim panas. Kota padat seperti Jakarta dimana banyak gedung-gedung tinggi dan tingkat polusi yang tinggi yang dihasilkan kendaraan bermotor atau pabrik merupakan daerah yang panas dimana peran AC sangat penting untuk disetiap rumah. Keberadaan AC sangat penting untuk menciptakan suasana dan suhu didalam rumah menjadi lebih dingin sehingga lebih nyaman untuk ditinggali. Agar kondisi suhu ruangan didalam rumah tetap dingin dan nyaman maka pentingnya perawatan AC disini sangat dibutuhkan.

perawatan ac
Berikut ini beberapa tips merawat AC Rumah yang bisa dilakukan dirumah.
  • Pilihlah AC yang disesuaikan dengan kebutuhan ruangan, tanyalah kepada penjual tentang kebutuhan AC yang dibutuhkan ruangan karena mereka lebih mengerti. Untuk ukuran AC split untuk dirumah biasanya berukuran 1/2 sampai 2 PK ( Paard Kracht/Daya Kuda/Horse Power ).
  • Matikan AC bila hendak meninggalkan ruangan atau rumah, karena akan AC yang tidak terpakai dan dapat menghemat energi.
  • Rutin membersihkan bagian AC yang berada didalam rumah ( indoor ) dengan cara membuka tutup AC dan membersihkan Filter didalam nya dengan cara dicuci sampai bersih.
  • Rutin membersihkan bagiab AC yang berada diluar ruangan ( outdoor ) dengan membersihkan seka-seka dari debu atau kotoran sehingga rongga perputaran udara tidak terganggu.
  • Rawatlah remote AC, remote AC sering rusak karena terjatuh atau terbentur sehingga ada bagian dari remote yang rusak dan akhirnya remote tidak dapat berfungsi. Fungsi remote sangat vital, karena pengendalian AC dilakukan dengan menggunakan remote.
  • Bila dirasa tidak sempat merawat AC, gunakanlah jasa service AC yang sudah berpengalaman dalam merawat dan menyervice AC.
Kebutuhan akan AC dirasakan sangat penting, terutama bagi kita yang tinggal didaerah yang panas. Suhu panas pada malam hari merupakan hal yang tidak menyenangkan karena kita dapat merasakan kesulitan tidur karena panas. Perawatan AC memang sangat perlu dilakukan agar AC dirumah dapat terus bekerja dengan baik dan awet, sehingga dapat diandalkan pada saat suhu menjadi panas.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.